Skripsi
KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI SATU ATAP NUSADANI KECAMATAN SOLOR BARAT KABUPATEN FLORES TIMUR
XMLFokus penelitian ini adalah “Bagaimana kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIIA SMP Negeri Satu Atap Nusadani?” Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIIA SMP Negeri Satu Atap Nusadani. Teori yang digunakan adalah Teori Menulis dan Teori Kontruktivisme Sosial karena yang diukur dari penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis teks prosedur siswa berdasarkan pengalaman yang dia peroleh dari kehidupan sosialnya sehari-hari. Metode yang digunakan adalah Metode Kualitatif Deskriptif. Pada penelitian ini penulis memilih materi tentang teks prosedur dengan mengembangkan KD 4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, membuat cindera mata, dll) dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan secara tulis. Jenis teks prosedur yang digunakan adalah jenis teks prosedur kompleks tentang cara membuat kuliner khas daerah, karena pada teks ini siswa diminta untuk menjelaskan secara rinci tahapan membuat satu produk. Berdasarkan analisi terhadap 15 lembar kerja peserta didik kelas VIIA A dalam menulis teks prosedur berdasarkan aspek struktur dan kaidah kebahasaan dikatakan berhasil atau mampu, sebab semua siswa mampu menulis teks prosedur dengan baik yang dibuktikan dengan persentase keberhasilan 100%. Pada aspek struktur, semua siswa mampu menulis dengan baik setiap subbagiannya dengan persentase 100%, sedangkan pada aspek kaidah kebahasaan terdapat 14 orang siswa dengan persentase 93% yang mampu dan terdapat 1 siswa dengan persentase 7% yang belum mampu. Berdasarkan analisis di atas, peneliti menyimpulkan bahwa siswa kelas VIIA SMP Negeri Satu Atap Nusadani yang berjumlah 15 orang sudah mampu menulis teks prosedur dengan persentase ketuntasan 100%.
Kata Kunci : Kemampuan, Menulis, Teks Prosedur, Kontruktivisme.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Lasarus Antonius Payong Keban - Personal Name
|
Student ID |
2001010104
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Aris Nurhada, M.Pd - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
822.01 Keb K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |