KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah Kupang berdasarkan aspek-aspek yang telah ditentukan dalam unsur-unsur teks prosedur seperti struktur teks prosedur dan kaidah kebahasaan teks prosedur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruktivisme dan teori menulis, karena yang diukur dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan pada 17 siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah Kupang, kemampuan menulis teks prosedur dengan memperhatikkan struktur dan kebahasaan teks prosedur dapat dikatakan siswa belum mampu dalam menulis teks prosedur. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil presentase siswa yang tuntas atau mencapai KKM 70 ke atas berjumlah 8 orang dengan presentase sebesar 47,05%, sedangkan siswa yang belum mencapai KKM atau tidak tuntas berjumlah 9 orang dengan presentase 52,94%. Berikut ini adalah bukti rincian siswa yang tuntas dan tidak tuntas berdasarkan aspek kebahasaan dan aspek struktur teks prosedur. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil peresentase siswa yang tuntas atau mencapai KKM 70 berdasarkan struktur teks prosedur berjumlah 7 orang dengan presentase sebesar 41,17%, sedangkan siswa yang tidak tuntas atau mencapai dibawah KKM berjumlah 10 orang dengan peresentase 58,82%. Berdasarkan kebahasaan teks prosedur siswa yang tuntas atau mencapai KKM berjumlah 5 orang dengan persentase 29,41%, sedangkan siswa yang tidak tuntas atau tidak mencapai KKM 70 dengan jumlah 12 orang dengan peresentase 70,58%. Dari hasil analisis yang diperoleh maka dapat disintesiskan bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah Kupang dikatakan belum mampu menulis teks prosedur, karena berdasarkan hasil persentase rekapitulasi kemampuan menulis siswa kelas VII C yang mampu menulis teks prosedur berjumlah 8 orang dengan persentase 47,05%, sedangkan siswa yang belum mampu berjumlah 9 orang dengan persentase 52,94%.
Kata Kunci : kemampuan, menulis, teks prosedur.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Bernadus Kopong Kewa - Personal Name
Student ID
2001010039
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Aris Nurhuda - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1
Aris Nurhuda - 199003142022031008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Kop K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA