Skripsi
KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah Kupang berdasarkan aspek-aspek yang telah ditentukan dalam unsur-unsur teks prosedur seperti struktur teks prosedur dan kaidah kebahasaan teks prosedur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruktivisme dan teori menulis, karena yang diukur dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan pada 17 siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah Kupang, kemampuan menulis teks prosedur dengan memperhatikkan struktur dan kebahasaan teks prosedur dapat dikatakan siswa belum mampu dalam menulis teks prosedur. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil presentase siswa yang tuntas atau mencapai KKM 70 ke atas berjumlah 8 orang dengan presentase sebesar 47,05%, sedangkan siswa yang belum mencapai KKM atau tidak tuntas berjumlah 9 orang dengan presentase 52,94%. Berikut ini adalah bukti rincian siswa yang tuntas dan tidak tuntas berdasarkan aspek kebahasaan dan aspek struktur teks prosedur. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil peresentase siswa yang tuntas atau mencapai KKM 70 berdasarkan struktur teks prosedur berjumlah 7 orang dengan presentase sebesar 41,17%, sedangkan siswa yang tidak tuntas atau mencapai dibawah KKM berjumlah 10 orang dengan peresentase 58,82%. Berdasarkan kebahasaan teks prosedur siswa yang tuntas atau mencapai KKM berjumlah 5 orang dengan persentase 29,41%, sedangkan siswa yang tidak tuntas atau tidak mencapai KKM 70 dengan jumlah 12 orang dengan peresentase 70,58%. Dari hasil analisis yang diperoleh maka dapat disintesiskan bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah Kupang dikatakan belum mampu menulis teks prosedur, karena berdasarkan hasil persentase rekapitulasi kemampuan menulis siswa kelas VII C yang mampu menulis teks prosedur berjumlah 8 orang dengan persentase 47,05%, sedangkan siswa yang belum mampu berjumlah 9 orang dengan persentase 52,94%.
Kata Kunci : kemampuan, menulis, teks prosedur.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Bernadus Kopong Kewa - Personal Name
|
Student ID |
2001010039
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1 Aris Nurhuda - 199003142022031008 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 Kop K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |