Skripsi
TELAAH MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
XMLABSTRAK
Telaah Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran Geometri Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
Oleh
Mery Cristiani Putri Pinto (1601030010); Pembimbing I. Dr. Siprianus S. Garak, M.Sc; Pembimbing II. Dr. Damianus D. Samo
Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan definisi dari multiple intelligences, menyajikan implementasi teori multiple intelligences dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah menengah pertama dan menyajikan desain pembelajaran sesuai teori multiple intelligences dalam pembelajaran matematika pada materi geometri siswa sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu metode kajian pustaka, yang dilakukan dengan menelusuri berbagai pustaka acuan berupa buku dan artikel/jurnal.
Berdasarkan teori-teori yang dikaji, dapat disimpulkan bahwa multiple intelligences adalah salah satu teori belajar yang dikemukakan Howard Gardner yang menganggap bahwa seseorang yang terlahir ke dunia memiliki sembilan jenis kecerdasan dalam dirinya dan memiliki setidaknya satu jenis kecerdasan yang paling dominan. Sembilan jenis kecerdasan tersebut adalah verbal-linguistik, logis-matematis, visual-spasial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalis dan eksistensial. Implementasi multiple intelligences dalam pembelajaran matematika di kelas dapat dilakukan yaitu dengan melakukan tes multiple intelligences terlebih dahulu agar guru dapat merancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan jenis-jenis kecerdasan yang dimiliki siswa. Desain pembelajaran teori multiple intelligences dalam pembelajaran geometri di SMP dibuat dengan memperhatikan langkah-langkah penerapan multiple intelligences dalam pembelajaran yaitu (1) memusatkan pada tujuan dan topik tertentu, (2) menjawab pertanyaan kunci kecerdasan majemuk, (3) mempertimbangkan kemungkinan lain, (4) curah gagasan (brainstorm), (5)memilih aktivitas yang cocok, (6)menyusun perencanaan pembelajaran, dan (7) menjalankan rencana. Setelah memperhatikan langkah-langkah tersebut, mulailah menyusun rencana pembelajaran dengan memilih salah satu materi geometri di SMP, buatlah sebanyak mungkin strategi pembelajaran pada masing-masing jenis kecerdasan yang dapat digunakan pada materi tersebut.
Kata Kunci: teori multiple intelligences, pembelajaran geometri.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Mery Cristiani Putri Pinto - Personal Name
|
Student ID |
1601030010
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.01 Pin T
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |