TELAAH MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Detail Cantuman

Skripsi

TELAAH MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

XML

ABSTRAK

Telaah Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran Geometri Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
Oleh
Mery Cristiani Putri Pinto (1601030010); Pembimbing I. Dr. Siprianus S. Garak, M.Sc; Pembimbing II. Dr. Damianus D. Samo

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan definisi dari multiple intelligences, menyajikan implementasi teori multiple intelligences dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah menengah pertama dan menyajikan desain pembelajaran sesuai teori multiple intelligences dalam pembelajaran matematika pada materi geometri siswa sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu metode kajian pustaka, yang dilakukan dengan menelusuri berbagai pustaka acuan berupa buku dan artikel/jurnal.
Berdasarkan teori-teori yang dikaji, dapat disimpulkan bahwa multiple intelligences adalah salah satu teori belajar yang dikemukakan Howard Gardner yang menganggap bahwa seseorang yang terlahir ke dunia memiliki sembilan jenis kecerdasan dalam dirinya dan memiliki setidaknya satu jenis kecerdasan yang paling dominan. Sembilan jenis kecerdasan tersebut adalah verbal-linguistik, logis-matematis, visual-spasial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalis dan eksistensial. Implementasi multiple intelligences dalam pembelajaran matematika di kelas dapat dilakukan yaitu dengan melakukan tes multiple intelligences terlebih dahulu agar guru dapat merancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan jenis-jenis kecerdasan yang dimiliki siswa. Desain pembelajaran teori multiple intelligences dalam pembelajaran geometri di SMP dibuat dengan memperhatikan langkah-langkah penerapan multiple intelligences dalam pembelajaran yaitu (1) memusatkan pada tujuan dan topik tertentu, (2) menjawab pertanyaan kunci kecerdasan majemuk, (3) mempertimbangkan kemungkinan lain, (4) curah gagasan (brainstorm), (5)memilih aktivitas yang cocok, (6)menyusun perencanaan pembelajaran, dan (7) menjalankan rencana. Setelah memperhatikan langkah-langkah tersebut, mulailah menyusun rencana pembelajaran dengan memilih salah satu materi geometri di SMP, buatlah sebanyak mungkin strategi pembelajaran pada masing-masing jenis kecerdasan yang dapat digunakan pada materi tersebut.

Kata Kunci: teori multiple intelligences, pembelajaran geometri.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1601030010
Dosen Pembimbing
Penguji
Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.01 Pin T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA