KAJIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Detail Cantuman

Skripsi

KAJIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

XML

ABSTRAK

Kajian Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter di Sekolah Menenegah Pertama
Oleh

Marianus Davildo Humau (1601030049); Pembimbing I. Dr. Ch.K. Ekowati, M.Si; Pembimbing II. Dr. Wara Sabon Dominikus, M.Sc

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter di sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu kajian pustaka, yang dilakukan dengan menelusuri berbagai pustaka acuan berupa buku dan artikel/jurnal nasional maupun jurnal internasional di berbagai basis data yang ditentukan. Berdasarkan teori-teori yang dikaji, disimpulkan bahwa pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter merupakan proses pemberian pengalaman belajar yang terencana terkait pemecahan masalah matematis dan pembuktian secara logika dengan mentransformasikan nilai-nilai kehidupan untuk ditumbuhkembangkan dalam kepribadian seseorang sehingga menjadi satu dengan perilaku kehidupan orang lain. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman konsep matematika serta terampil dalam memecahkan masalah-masalah matematika di kehidupannya nyata dengan memiliki kepribadian yang baik. Pembelajaran matematika dirancang sedemikian rupa sehingga tidak hanya dimaksudkan untuk mencapai tujuan dalam ranah pengetahuan tetapi juga dalam ranah sikap dan keterampilan. Pengembangan karakter peserta didik dapat dilakukan juga melalui program pembelajaran dan pembinaan yang dilakukan di luar kelas. Penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran matematika dilihat dalam penyusunan silabus dan RPP dimulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup serta penilaiannya. Guru dituntut kreativitasnya, bersikap terbuka, kerja keras, tekun, memberi teladan yang baik, sabar dan iklas dalam setiap proses pembelajaran. Sebagian guru masih terpaku pada gaya belajar konvensional yang kurang memfasilitasi siswa untuk aktif sehingga implementasi pendidikan karakter belum berjalan optimal. Oleh karena itu, terkait dengan pengintegrasian dalam mata pelajaran matematika, hendaknya guru merancang silabus dan RPP yang bermuatan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika dan mengoptimalkan dengan mengembangkan metode yang lebih menarik dan inovatif dalam menanamkan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika. Diantaranya adalah model pemecahan masalah, model penemuan, model kooperatif serta model pembelajaran kontekstual dan realistik.
Kata Kunci : Pembelajaran matematika, pendidikan karakter, peserta didik SMP


Detail Information

Item Type
Penulis
Marianus Davildo Humau - Personal Name
Student ID
1601030049
Dosen Pembimbing
Penguji
Magdalena Wangge, M.Pd - 19930315 201903 2 026 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.01 Hum K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA