Penggunaan Metode SQ3R Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri Satap Lederaga Kabupaten Sabu Raijua

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Metode SQ3R Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri Satap Lederaga Kabupaten Sabu Raijua

XML

Fokus penelitian ini adalah “Bagaiamana penggunaan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIIIC SMP Negeri Satap Lederaga Kabupaten Sabu Raijua”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa dan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menerapkan metode SQ3Ryang dikemukakan olehFrancis P. Robinson (1941) sebagai metode pembelajaran membaca pemahaman yang meliputi 5 tahap yaitusurvey, question, read, recite, reviewi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.Teknikpengumpulan data meliputi observasi/pengamatan, tes, dokuementasi. Subjek penetilian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri Satap Lederaga sebanyak 25 siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar Behavioristik. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas VIIIC SMP Negeri Satap Lederaga dapat menerima dengan baik dan mudah serta dapat mengaplikasikan secara cepat melalui dua kali pertemuan antara peneliti dengan siswa. Metode SQ3R mengalami peningkatan dan menunjukan bahwa metode SQ3R efetif untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIIIC SMP Negeri Satap Lederaga Kabupaten Sabu Raijua. Pada aspek metode SQ3R terdapat 16 orang siswa kategori tuntas dengan presentase 76%, kategori tidak tuntas 5 orang siswa dengan presentase 23%. Pada aspek meringkas/merangkum teks bacaan terdapat 7 orang siswa yang tuntas dengan presentase 33%, kategori tidak tuntas 14 orang siswa dengan presentase 66%.

Kata kunci :Metode SQ3R, Membaca Pemahaman.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
WELMINCE ROHI MONE - Personal Name
Student ID
1901010038
Dosen Pembimbing
SEMUEL HAJAI NITBANI - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 1
MARGARET PULA ELISABETH DJOKAHO - 198103012008122002 - Dosen Pembimbing 1
Margaretha Djokaho - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Ketua Penguji
Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Penguji 1
Aris Nurhuda - 199003142022031008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 MON P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA