Skripsi
Penggunaan Metode SQ3R Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri Satap Lederaga Kabupaten Sabu Raijua
XMLFokus penelitian ini adalah “Bagaiamana penggunaan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIIIC SMP Negeri Satap Lederaga Kabupaten Sabu Raijua”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa dan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menerapkan metode SQ3Ryang dikemukakan olehFrancis P. Robinson (1941) sebagai metode pembelajaran membaca pemahaman yang meliputi 5 tahap yaitusurvey, question, read, recite, reviewi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.Teknikpengumpulan data meliputi observasi/pengamatan, tes, dokuementasi. Subjek penetilian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri Satap Lederaga sebanyak 25 siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar Behavioristik. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas VIIIC SMP Negeri Satap Lederaga dapat menerima dengan baik dan mudah serta dapat mengaplikasikan secara cepat melalui dua kali pertemuan antara peneliti dengan siswa. Metode SQ3R mengalami peningkatan dan menunjukan bahwa metode SQ3R efetif untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIIIC SMP Negeri Satap Lederaga Kabupaten Sabu Raijua. Pada aspek metode SQ3R terdapat 16 orang siswa kategori tuntas dengan presentase 76%, kategori tidak tuntas 5 orang siswa dengan presentase 23%. Pada aspek meringkas/merangkum teks bacaan terdapat 7 orang siswa yang tuntas dengan presentase 33%, kategori tidak tuntas 14 orang siswa dengan presentase 66%.
Kata kunci :Metode SQ3R, Membaca Pemahaman.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
WELMINCE ROHI MONE - Personal Name
|
Student ID |
1901010038
|
Dosen Pembimbing |
SEMUEL HAJAI NITBANI - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 1
MARGARET PULA ELISABETH DJOKAHO - 198103012008122002 - Dosen Pembimbing 1 Margaretha Djokaho - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Ketua Penguji
Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Penguji 1 Aris Nurhuda - 199003142022031008 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 MON P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |