Peran Dinas Pariwisata Dalam Pengembangan Destinasi Wisata Unggulan ( Studi Pada Desa Compang Todo Kecamatan Satar Mese Utara Kabupaten Manggarai)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Dinas Pariwisata Dalam Pengembangan Destinasi Wisata Unggulan ( Studi Pada Desa Compang Todo Kecamatan Satar Mese Utara Kabupaten Manggarai)

XML

Desa Compang Todo adalah salah satu destinasi wisata unggulan di kabupaten Manggarai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Dinas Pariwisata dalam pengembangan destinasi wisata tersebut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sejumlah informan yang diwawancarai terdiri dari Kepala Dinas Pariwisata, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), pemandu wisata, wisatawan, kepala desa, pengelola homestay, ketua kelompok tenun, dan masyarakat. Peran Dinas Pariwisata dianalisis berdasarkan teori Blakely (1989), yaitu peran sebagai entrepeneur, peran sebagai koordinator, peran sebagai fasilitator, dan peran sebagai stimulator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai entrepeneur, Dinas Pariwisata telah mempromosikan destinasi wisata melalui website dan media sosial serta melatih anggota Pokdarwis untuk mengelola kegiatan wisata dan menjadi pemandu wisata yang profesional. Sebagai koordinator, Dinas Pariwisata telah berkoordinasi dengan Dinas pekerjaan Umum, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Komunikasi dan Informasi untuk membangun beberapa infrastruktur pariwisata seperti jalan raya, tempat parkir, jalan setapak, WC umum, tempat sampah, wifi, dan lampu jalan. Sebagai fasilitator, Dinas Pariwisata telah berperan memfasilitasi terbentuknya kelompok tenun ikut, kelompok pengrajin, membangun pos keamanan, dan merehabilitasi pembangunan tujuh buah rumah adat. Sebagai stimulator, Dinas Pariwisata telah mendorong pengusaha lokal untuk membangun sebuah tempat penginapan bagi wisatawan dan berhasil mempengaruhi Bank NTT untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan destinasi wisata tersebut. Secara keseluruhan, Dinas Pariwisata telah berperan cukup baik dalam pengembangan destinasi wisata Compang Todo. Walaupun demikian, disarankan agar Dinas Pariwisata lebih meningkatkan kegiatan promosi destinasi wisata Compang Todo, mendorong para pengusaha untuk membangun tempat penginapan yang lebih layak, membangun rumah makan, meningkatkan peran Pokdarwis, dan bekerjasama dengan pemerintah desa untuk mendorong masyarakat desa setempat agar lebih berpartisipasi dalam kegiatan pariwisata.

Kata Kunci : Peran, Pengembangan, Destinasi, Wisata Unggulan, Desa Compang Todo Kabupaten Manggarai


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
BONEFASIUS IRWANTO NDANU - Personal Name
Student ID
1903010042
Dosen Pembimbing
MARIA MAGDALENA LINO - 196312071990032001 - Dosen Pembimbing 1
PRIMUS LAKE - 195908281987021002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maria Magdalena Lino - 196312071990032001 - Ketua Penguji
Primus Lake - 195908281987021002 - Penguji 1
Petrus Kase - 196208091988031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 NDA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA