INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA PANDEMI COVID’19 PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Detail Cantuman

Skripsi

INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA PANDEMI COVID’19 PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

XML

ABSTRAK
Inovasi Pembelajaran Matematika di Era Pandemi Covid’19 Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama

Jeanette E. Maro (1601030043); Pembimbing I. Dr. Siprianus S. Garak, M.Sc; Pembimbing II. Dr. Damianus D. Samo

Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan tren penelitian inovasi pembelajaran matematika di era pandemic Covid-19 untuk siswa SMP dan menyajikan implikasi dan rekomendasi inovasi pembelajaran matematika untuk siswa Sekolah Menengah Pertama di masa depan. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu review article, yang dilakukan dengan menelusuri berbagai artikel dari jurnal nasional maupun jurnal internasional.
Diera pandemi covid-19 proses pembelajaran yang biasanya dilaksanakan di dalam kelas harus dilaksanakan dirumah masing-masing melalui daring (dalam jaringan) atau jarak jauh tanpa bertatap muka langsung. Ini menjadikan tantangan untuk pendidik agar dapat melakukan inovasi terkait pembelajaran yang dilakukan di era pandemi, terutama dalam pembelajaran matematika. Fokus penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tren penelitian inovasi pembelajaran matematika di era pandemic Covid-19. Metode yang digunakan peneliti dalam penggumpulan data diantaranya berupa angket, observasi, wawancara, dokumentasi dan tes pengetahuan. Beberapa penelitian menggunakan virtual class (kelas virtual), video conference (konferensi video) dan juga menggunakan gabungan dari virtual class (kelas virtual) dan video conference (konferensi video) dalam pembelajarannya. Adapun rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut agar dapat menggunakan metode atau media yang tepat, yang dapat menjawab permasalahan yang terjadi selama pembelajaran online, sehingga pembelajaran dapat menjadi efektif, memotivasi dan meningkatkan hasil belajar matematikanya sehingga dapat mencapai tujuan pembelajarannya.

Kata Kunci: Covid-19, Inovasi pembelajaran matematika


Detail Information

Item Type
Penulis
Jeanette Elisabeth Maro - Personal Name
Student ID
1601030043
Dosen Pembimbing
Penguji
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Mar I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA