Skripsi
Penerapan Aplikasi PLN Mobile Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pada Pelanggan PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Layanan Pelanggan Kupang
XMLSeiring berjalannya waktu kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat drastis pada masa belakangan ini sesuai dengan kebutuhan manusia yang semakin meningkat. Teknologi telah berkembang menjadi sangat penting untuk kehidupan modern. Kemajuan ilmu teknologi telah menghasilkan teknologi dan informasi yang bermanfaat bagi kebutuhan informasi dan komunikasi untuk sesama manusia.
Kemajuan teknologi juga mempermudah manusia untuk mendapatkan sebuah informasi dengan sangat cepat, internet merupakan sebuah bukti dari perkembangan teknologi yang saat ini banyak memberikan pengaruh terhadap manusia. Adopsi sebuah teknologi yang sukses dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, sementara kegagalan dalam penerapan dapat mengakibatkan hasil yang tidak diinginkan.
Kehadiran perangkat yang mendukung masyarakat menggunakan internet juga menjadi salah satu faktor utama dalam peningkatan kesadaran masyarakat Indonesia akan internet. Smartphone dijadikan salah satu wadah bagi perusahaan untuk mencari keuntungan dalam memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di smartphone. Dalam hal ini, fitur elektronik dalam smartphone digunakan oleh perusahaan untuk memberikan kualitas layanan secara online.
Salah satu lembaga atau perusahaan yang menerapkan inovasi layanan berbasis online ini adalah perusahaan Badan Milik Negara (BUMN) PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kupang. PT PLN (Persero) menciptakan model layanan berupa aplikasi bernama PLN Mobile untuk memudahkan masyarakat pelanggan memenuhi kebutuhan informasi dan interaksi dengan PT PLN (Persero) melalui aplikasi tersebut.
Aplikasi PLN Mobile pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 resmi dirilis Direksi PT PLN (Persero) Kantor Pusat bertepatan pada upacara hari Listrik Nasional ke-71. Dan resmi diluncurkan pada Kantor PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur sejak 18 Desember 2020. Aplikasi ini merupakan produk inovasi dari PT PLN (Persero) yang bekerjasama dengan PT Indonesia Coment Plus sebagai anak perusahaan PT PLN (Persero). Hingga kini aplikasi PLN Mobile tercatat telah diunduh 13,2 juta masyarakat pelanggan dengan tingkat kepuasan 4,58 dari skala 5 pada 29 Oktober 2021.
PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Kupang merupakan salah satu Unit Layanan yang berada di bawah PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Kupang (UP3). ULP (Unit Layanan Pelanggan) memiliki fungsi untuk membantu pengurusan pelayanan pelanggan dan pelayanan jaringan listrik distribusi menjadi lebih dekat dengan ruang lingkup wilayah lebih kecil. Pelayanan di ULP sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan masyarakat pelanggan yang datang dan memberikan apa yang menjadi hak mereka. Solusi dan penyelesaian atas permintaan akan sangat menentukan kepuasan masyarakat pelanggan saat datang ke ULP Kupang.
Aplikasi PLN Mobile adalah aplikasi layanan mandiri pelanggan berbasis sistem operasi seluler (Coustomer Self Service berbasis ios) yang terintegrasi dengan aplikasi pengaduan keluhan terpadu (APKT) dan aplikasi pelayanan pelanggan terpusat (AP2T) yang digunakan untuk melakukan laporan pengaduan dan keluhan, memudahkan mendapatkan pelayanan melalui fitur-fitur yang tersedia didalam aplikasi tersebut, sehingga pelanggan yang hendak membuat laporan tidak perlu meluangkan waktu untuk datang dan bertemu pegawai dikantor terdekat.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa setelah pelanggan menggunakan aplikasi PLN Mobile dapat mempermudah pelanggan dalam memperoleh pelayanan dengan menawarkan akses layanan secara mandiri dengan desain fitur yang dapat diakses secara mudah, dapat memantau tagihan dan melakukan pembayaran dengan berbagai metode, sehingga membantu pelanggan untuk tidak membuang waktu ke kantor PLN terdekat hanya untuk membuat sebuah laporan ataupun melakukan registrasi terkait kelistrikan.
Kata kunci : Kualitas Layanan, PLN Mobile, Layanan Mandiri Berbasis Seluler
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
HEDI DIANA ANGGELA - Personal Name
|
Student ID |
1903010154
|
Dosen Pembimbing |
DOMINIKUS FERNANDES - 196007191988031001 - Dosen Pembimbing 1
ADRIANA RODINA FALLO - 197403062009122001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dominikus Fernandes - 196007191988031001 - Ketua Penguji
Adriana Rodina Fallo - 197403062009122001 - Penguji 1 Jeni J. Therik - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 ANG P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |