PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD INPRES BERTINGKAT KELAPA LIMA 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD INPRES BERTINGKAT KELAPA LIMA 2 KUPANG

XML

Skripsi ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas dengan judul ”Penggunan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang” dengan masalah bagaimana menggunakan media kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk
meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkah-langkah sebagai berikut: perencanaan, tindakan, observasi&evaluasi dan refleksi.
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari 19 Subjek yang tuntas berjumlah 6 orang dengan persen sebesar (31%) tuntas karena sudah mencapai kriteria-kriteria dalam membaca, yaitu siswa sudah bisa membaca dengan
ketepatan,lafal dan intonasi yang baik. Dan yang tidak tuntas berjumlah 13 orang dengan persen sebesar (69%) tidak tuntas karena belum mencapai kriteria–kriteria dalam membaca, yaitu 7 siswa kurang memusatkan perhatian ketika temannya sedang membaca yaitu ketika temannya membaca siswa tersebut asik bermain, bahkan menggangu temannya yang lain. yang kedua 3 siswa kurang percaya diri dalam membaca yaitu diminta untuk membaca siswa tersebut masih malu – malu untuk membaca.Yang ketiga 3 siswa masih kesulitan dalam membaca yaitu Siswa kesulitan mengidentifikasi huruf, dan menrangkai susunan huruf, mengucapkan kata yang salah, kurang memperhatikan tanda baca, dan kesulitan melafalkan kata- kata bentukan. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan hal ini dibuktikan bahwa dari 19 subjek penelitian yang tuntas 19 orang dengan persen sebesar (100%) tuntas karena sudah mencapai kriteria dalam membaca permulaan. Sesuai hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang.

Kata Kunci : Media Kartu Kata Bergambar, Membaca Permulaan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Doratia Santika - Personal Name
Student ID
1901140032
Dosen Pembimbing
Paulina Riwu Ga - 196006281986032001 - - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 San P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA