Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Materi Ikatan Kimia Berbasis Gaya Belajar Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Materi Ikatan Kimia Berbasis Gaya Belajar Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) menghasilkan media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar. 2) mendeskripsikan tingkat validasi media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar. 3) memperoleh respon peserta didik terhadap media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar. Media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar yang dikembangkan sudah divalidasi oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media, kemudian di uji coba kepada responden kelompok kecil sebanyak 9 peserta didik dan kelompok besar sebanyak 30 peserta didik. pengambilan sampel uji coba dari kelas XIIA dan XIIB SMAN 5 Kupang, data yang diperoleh berupa data kualitatif yang kemudian ditabulasi dan dianalisis serta diubah dalam bentuk data kuantitatif menggunakan skala likert dan untuk responden peserta didik menggunakan skala likert sehingga dapat menentukan tingkat kelayakan media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar yang dikemas secara menarik berupa teks, gambar 3D, audio dan video. Tingkat kelayakan dari hasil pengembangan . media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar berdasarkan hasil penilaian validator 3 ahli materi dan 3 ahli media secara berturut-turut yaitu 98,52% dan 91,92%. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar yang dikembangkan yaitu pada uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 96,73% dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase 98,24 %. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar dikategorikan sangat baik (SB). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa maka media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar untuk peserta didik kelas XI SMA/MA layak digunakan dalam pembelajaran kimia dan sebagai sumber belajar dalam mempelajari materi pokok ikatan kimia.

Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Gaya Belajar, Ikatan Kimia


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SORI NOFIA DULIM - Personal Name
Student ID
2001060059
Dosen Pembimbing
SUDIRMAN - 197008172006041022 - Dosen Pembimbing 1
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Heru Christianto - 19921213 201903 1 011 - Ketua Penguji
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Penguji 1
Sudirman - 197008172006041022 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 DUL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA