Skripsi
Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Materi Ikatan Kimia Berbasis Gaya Belajar Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA
XMLTujuan dari penelitian ini adalah: 1) menghasilkan media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar. 2) mendeskripsikan tingkat validasi media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar. 3) memperoleh respon peserta didik terhadap media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar. Media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar yang dikembangkan sudah divalidasi oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media, kemudian di uji coba kepada responden kelompok kecil sebanyak 9 peserta didik dan kelompok besar sebanyak 30 peserta didik. pengambilan sampel uji coba dari kelas XIIA dan XIIB SMAN 5 Kupang, data yang diperoleh berupa data kualitatif yang kemudian ditabulasi dan dianalisis serta diubah dalam bentuk data kuantitatif menggunakan skala likert dan untuk responden peserta didik menggunakan skala likert sehingga dapat menentukan tingkat kelayakan media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar yang dikemas secara menarik berupa teks, gambar 3D, audio dan video. Tingkat kelayakan dari hasil pengembangan . media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar berdasarkan hasil penilaian validator 3 ahli materi dan 3 ahli media secara berturut-turut yaitu 98,52% dan 91,92%. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar yang dikembangkan yaitu pada uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 96,73% dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase 98,24 %. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar dikategorikan sangat baik (SB). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa maka media pembelajaran augmented reality pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar untuk peserta didik kelas XI SMA/MA layak digunakan dalam pembelajaran kimia dan sebagai sumber belajar dalam mempelajari materi pokok ikatan kimia.
Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Gaya Belajar, Ikatan Kimia
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SORI NOFIA DULIM - Personal Name
|
Student ID |
2001060059
|
Dosen Pembimbing |
SUDIRMAN - 197008172006041022 - Dosen Pembimbing 1
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Heru Christianto - 19921213 201903 1 011 - Ketua Penguji
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Penguji 1 Sudirman - 197008172006041022 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 DUL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |