Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pemberian Layanan Responsif Di SMP Kristen Citra Bangsa Mandiri Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pemberian Layanan Responsif Di SMP Kristen Citra Bangsa Mandiri Kupang

XML

Kurangnya pemahaman peserta didik tentang peran guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah membuat peserta didik yang memiliki masalah cenderung sulit menceritakan masalah yang dialami kepada guru BK dan lebih memilih bercerita kepada teman atau sahabat dekat. Sebab yang diketahui bahwa guru BK adalah guru yang hanya memberikan nasehat dan suka mencari kesalahan siswa. Sehingga masalah yang dialami belum mendapatkan solusi yang tepat dan mempengaruhi peserta didik dalam proses perkembangannya, juga menghambat kinerja guru BK dalam memberikan layanan BK khususnya layanan responsif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru Bimbingan dan Konseling dalam pemberian layanan responsif di SMP Kristen Citra Bangsa Mandiri Kupang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Penelitian dilakukan di SMP Kristen Citra Bangsa Mandiri Kupang. Informan penelitian terdiri dari 5 orang, 2 guru Bimbingan dan Konseling, 1 siswa, 1 guru wali kelas, 1 orang tua. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru Bimbingan dan Konseling dalam pemberian layanan responsif di SMP Kristen Citra Bangsa Mandiri Kupang, sudah baik. Yang mana guru BK melakukan perananya dalam memberikan layanan responsif berupa konseling individu, konseling kelompok, referal/alih tangan kasus, kolaborasi, kunjungan rumah. Peran yang dilakukan adalah sebagai motivator, fasilitator pendidikan, inovator, pembimbing, konselor sekolah, dan figur moral. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru BK memiliki peran yang penting dalam memandirikan dan memberikan solusi bagi peserta didik dalam menghadapi masalah yang dialami melalui layanan responsif, sehingga dapat mengembangkan potensi serta kemampuan dan tugas perkembangan dengan baik.


Kata kunci: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Layanan Responsif


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901160074
Dosen Pembimbing
LOLANG MARIA MASI - 198911082019032013 - Dosen Pembimbing 1
Katharina E P Korohama - 199106232019032025 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
LOLANG MARIA MASI - 198911082019032013 - Ketua Penguji
Katharina E. P. Korohama - 199106232019032025 - Penguji 1
M. D. PUA UPA - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 Ngg P
Copyright
Universitas Nusa Cendana
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA