PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN OLEH GURU PKN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 HAWU MEHARA KABUPATEN SABU RAIJUA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN OLEH GURU PKN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 HAWU MEHARA KABUPATEN SABU RAIJUA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Penggunaan Media Vidio Pembelajaran Oleh Guru PPKn Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3. Hawu Mehara Kabupaten Sabu Raijua
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis dan desain penelitian pretest dan posttest. Menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen sekirannya peneliti dapat memperoleh data tentang hasil belajar siswa melalui metode Media Vidio Pembelajaran yang peneliti gunakan dalam pembelajaran. data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bantuk data angka dan kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VII A dan VII B SMP Negeri 3 Hawu Mehara Kabupaten Sabu Raijua.
Pertama hasil penelitian ini menunjukan beberapa hal sebagai berikut: Pada kelas eksperimen nilai signifikansi yang di dapat yaitu 0,734 dan pada kelas kontrol di dapat 0,683 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada uji homogenitas kedua hasil tersebut melebihi nilai sig > 0,05 maka kedua hasil tersebut berdistribusi homogen. Kedua Pada kelas eksperimen nilai signifikansi yang di dapat yaitu 0,161 dan pada kelas kontrol di dapat 0,189 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada uji normalitas kedua hasil tersebut melebihi nilai sig > 0,05 maka kedua hasil tersebut berdistribusi normal. Ketiga Pada kelas eksperimen nilai signifikansi yang di dapat yaitu < 0,001 dan pada kelas kontrol di dapat < 0,001 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada uji t-test paired sample t- test kedua hasil tersebut memiliki perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas mempunyai mean (rata-rata) yang jauh berbeda yaitu pada kelas eksperimen memperoleh hasil 39.677 lebih tinggi di bandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh hasil. 19.355 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 jika kita lihat pada dasar pengambilan keputusan pada uji statistik regresi linear sederhana nilai tersebut menunjukan adannya pengaruh variabel x terhadap variabel y diketahui dari hasil yang di dapat bahwa 0,001 < 0,05 yang artinya variabel x berpengaruh terhadap variabel y.
Kata Kunci: Metode Media Vidio Pembelajaran, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SETERLINDA LAY - Personal Name
Student ID
2001070081
Dosen Pembimbing
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Dosen Pembimbing 1
Daud Yefkanius Nassa, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Lay P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA