Skripsi
STRATEGI GURU PPKn DALAM MENGUATKAN SIKAP KARAKTER KEMANDIRIAN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBELAJARAN PPKn BAGI SISWA KELAS VIII SMP KATOLIK St. YOSEPH NOELBAKI
XMLRumusan masalah 1) Bagaimana strategi guru PPKn dalam menguatkan sikap karakter kemandirian dan tanggung jawab melalui pembelajaran PPKn bagi siswa kelas VIII SMP Katolik St. Yoseph Noelbaki? 2) Bagaimana kesadaran siswa kelas VIII SMP St. Yoseph Noelbaki tentang sikap karakter kemandirian dan karakter tanggung yang diberikan oleh guru PPKn dalam strategi pembelajaran? Ada pun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru PPKn dalam menguatkan sikap karakter kemandirian dan tanggung jawab melalui pembelajaran PPKn bagi Siswa Kelas VIII SMP Katolik St. Yoseph Noelbaki 2) Untuk Mendeskripsikan bagaimana kesadaran siswa tentang sikap karakter kemandirian dan karakter tanggung jawab di kelas Vlll SMP Katolik St. Yoseph Noelbaki.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini merupakan metode yang digunakan peneliti dalam mendeskripsikan bagaimana strategi yang dilakukan oleh guru PPKn dalam menguatkan sikap kemandirian dan tanggung jawab dan bagaimana kesadaran siswa mengenai sikap yang ada. Metode ini juga merupakan metode yang digunakan meneliti suatu obyek, melalui model observasi, terhadap berbagai macam bahan, berita, fakta, kabar, keterangan maupun laporan yang berbentuk lisan maupun tulisan.
Dalam penelitian ini, peneliti berusaha memahami dan memaknai arti dari kejadian, atau kegiatan di sekolah dengan tujuan untuk mengungkapkan peristiwa yang nyata melalui informasi-informasi dari para informan.
Hasil penelitian ini menunjukan strategi guru dalam menguatkan sikap karakter kemandirian dan tanggung jawab melalui pembelajaran PPKn bagi siswa kelas VIII, yang mana guru PPKn selalu memberikan teladan atau contoh yang baik terhadap sisiwa dan selalu membiasakan siswa mengerjakan tugas sendiri dan menjelakan betapa pentingnya kemandirian, tidak terlepas dari itu setelah proses pembelajaran guru PPKn juga membentuk kelompok bagi siswa siswi kelas VIII untuk mengejrakan dan diskusi dengan teman kelompok mengenai topik yang dibahaskan pada hari itu, ini merupakan strategi guru untuk mengetahui bagimana tanggung jawab dengan teman-teman kelompok dan membangun kekompakan dalam mengerjakan tugas kelompok dan mampu mempertanggung jawab dalam memaparkan hasil diskusi mereka.
Kata Kunci: Strategi, Sikap, Karakter Kemandirian, Tanggung Jawab.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
PAMPHILUS SANI PATI - Personal Name
|
Student ID |
2001070074
|
Dosen Pembimbing |
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Dorkas Y. A. Kale, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1 Dorkas Y. A. Kale, S.Pd., M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Pat. S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |