IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN LAHAN KERING PADA PROGRAM TANAM JAGUNG PANEN SAPI (TJPS) (STUDI KASUS DI DESA SATAR PADUT, KECAMATAN LAMBA LEDA UTARA, KABUPATEN MANGGARAI TIMUR)

Detail Cantuman

Skripsi

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN LAHAN KERING PADA PROGRAM TANAM JAGUNG PANEN SAPI (TJPS) (STUDI KASUS DI DESA SATAR PADUT, KECAMATAN LAMBA LEDA UTARA, KABUPATEN MANGGARAI TIMUR)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan pengelolaan lahan kering pada program Tanam Jagung Panen Sapi yang terdapat di Desa Satar Padut, Kecamatan Lamba Leda Utara, Kabupaten Manggarai Timur. Sehingga dapat dianalisis dan diketahui apakah program tersebut dapat terimplementasikan dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Implementasi Kebijakan yang dikememukakan oleh Merilee S. Grindle. Keberhasilan implementasi kebijakan menurutnya dipengaruhi oleh dua variable besar, yakni isi kebijakan dan lingkungan implementasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keberhasilan pelaksanaan program Tanam Jagung Panen Sapi di Desa Satar Padut sangat dipengaruhi oleh seberapa besar partisipasi dari pelaksana program yakni masyarakat kelompok tani Desa Satar Padut serta pihak pemerintah dan swasta yang telah tergabung dalam pola kerjasama kemitraan. Diimplemntasinya program TJPS di desa Satar Padut memiliki tujuan agar masyarakat tani dapat mengoptimalakan pengelolaan lahan kering yang menjadi lahan pertanian mereka. Sehingga dengan demikian produktivitas jagung yang diusahakan akan meningkat, pendapatan masyarakat tani meningkat sekaligus mendukung ketahanan ekonomi NTT khususnya di Desa Satar Padut.

Kata Kunci : Lahan Kering, Implementasi, TJPS, Produktivitas Usaha Tani, peningkatan Ekonomi Petani


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YOHANES JEFRIYANO HARMIN - Personal Name
Student ID
1903040108
Dosen Pembimbing
SYAHRIN BADRIN KAMAHI - - Dosen Pembimbing 1
Yohanes Jimmy Nami - 8888999920 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Syahrin B. Kamahi - 198904202019031019 - Ketua Penguji
Yohanes Jimmy Nami - 8888999920 - Penguji 1
Frans B. Ricky Humau - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Har I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA