Skripsi
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi (Studi Pada Kopdit Lego-Lego Kalabahi Alor)
XMLPenelitian ini bertujuan (1) Mengetahui persepsi anggota Kopdit tentang bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati dan kepuasan anggota Kopdit Lego-Lego Kalabahi Alor. (2) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh bukti fisik terhadap kepuasan anggota Kopdit Lego-Lego Kalabahi Alor. (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh kehandalan terhadap kepuasan anggota Kopdit Lego-Lego Kalabahi Alor. (4) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh daya tanggap terhadap kepuasan anggota Kopdit Lego-Lego Kalabahi Alor. (5) mengetahui dan menjelaskan pengaruh jaminan terhadap kepuasan anggota Kopdit Lego-Lego Kalabahi Alor. (6) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh empati terhadap kepuasan anggota Kopdit Lego-Lego Kalabahi Alor. (7) mengetahui dan menjelaskan pengaruh bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati secara simultan terhadap kepuasan anggota Kopdit Lego-Lego Kalabahi Alor.
Untuk mencapai tujuan tersebut dipilih sampel sebanyak 100 responden pada anggota Kopdit Lego-Lego Kalabahi Alor. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda menggunakan SPSS V.25.
Hasil analisis deskriptif menunjukan Bukti Fisik berada pada kategori tinggi (3,94), Kehandalan berada pada kategori tinggi (38,3), Daya Tanggap berada pada kategori tinggi (38,6), Jaminan berada pada kategori tinggi (39,6), Empati berada pada kategori tinggi (3,81), dan Kepuasan Anggota beerada pada kategori tinggi (3,90). Hasil analisis regresi menunjukan bahwa hasil dari uji t variabel Bukti Fisik (X1) hasilnya thitung (4,331) > ttabel (1,664). Berdasarkan hasil uji t, maka hipotesis pertama berbunyi bukti fisik secara persial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota koperasi. Hasil uji t variabel Kehandalan (X2) hasilnya thitung (2,980) > ttabel (1,664). Berdasarkan hasil uji t, maka hipotesis kedua berbunyi kehandalan secara persial berpengaruh signifikan terhadapa kepuasan anggota koperasi. Hasil uji t variabel daya tanggap (X3) hasilnya thitung (3,169) > ttabl (1,664). Berdasarkan hasil uji t, maka hipotesis ketiga berbunyi daya tanggap secara persial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota koperasi. Hasil uji t variabel Jaminan (X4) hasilnya thitung (3,232) > ttabel (1,664). Berdasarkan hasil uji t, maka hipotesis keempat berbunyi jaminan secara persial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota koperasi. Hasil uji t variabel Empati (X5) hasilnya thitung (3,917) > (1,664). Berdasarkan hasil uji t, maka hipotesis kelima berbunyi empati secara persial beerpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota koperasi. Hasik dari uji F yang menunjukan nilai Fhitung (54,611) > Ftabel sebesar (2,70). Dengan demikian hipotesis keenam pada penelitian ini berbunyi variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota koperasi. Berdasarkan adjust R Squer menunjukan kontribusi variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati sebesar 73,0% dan sisanya 27,0% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Disarankan bagi Koperasi Kopdit Lego-Lego Kalabahi Alor lebih memperhatikan rata-rata skor masing-masing variabel agar lebih ditingkatkan lagi
Kata kunci : Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan Anggota Koperasi.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
KETHERINA DIMA ZANE - Personal Name
|
Student ID |
1903020188
|
Dosen Pembimbing |
KHALID KASIM MOENARDY - 196208171988031002 - Dosen Pembimbing 1
Anthonius B. Mesakh - 19620806 198803 1 002 - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Khalid Kasim Moenardy - 196208171988031002 - Ketua Penguji
Anthonius B Mesakh - 196208061988031002 - Penguji 1 Juita L.D. Bessie - 198410142010122006 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63211
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : ., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.11 ZAN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |