Fitur Aplikasi Canva Dan Kreativitas Pemuda (Studi Etnografi Media tentang Rutinitas Penggunaan Fitur Aplikasi Canva pada Pemuda Komunitas Image GKPB MDC Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Fitur Aplikasi Canva Dan Kreativitas Pemuda (Studi Etnografi Media tentang Rutinitas Penggunaan Fitur Aplikasi Canva pada Pemuda Komunitas Image GKPB MDC Kupang)

XML

Penelitian ini bermula dari ketertarikan terhadap rutinitas penggunaan fitur-fitur aplikasi Canva, pemaknaan, dan perilaku kreatif pada pemuda komunitas IMAGE GKPB MDC Kupang. Teori yang digunakan adalah teori konstruksi sosial teknologi (SCOT). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi media dan objek penelitiannya adalah keseharian pemuda IMAGE Kupang dalam menggunakan fitur-fitur aplikasi Canva. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terlibat, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Creswell dan teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rutinitas penggunaan fitur-fitur aplikasi Canva pada pemuda IMAGE Kupang sudah menjadi suatu hal yang wajib karena mampu memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari dalam melakukan pekerjaan desain grafis. Rutinitas penggunaan fitur-fitur aplikasi Canva pada pemuda IMAGE Kupang meliputi: penggunaan fitur aplikasi Canva untuk membuat flyer Doa IMAGE dan KESAN, penggunaan fitur aplikasi Canva untuk membuat flyer Ibadah Raya, dan penggunaan fitur aplikasi Canva untuk membuat konten selain flyer kegiatan. Pemaknaan terhadap fitur-fitur aplikasi Canva oleh pemuda IMAGE Kupang meliputi: fitur aplikasi Canva dinilai simpel dan memudahkan pekerjaan, ‘elements’ adalah fitur utama bagi pemuda IMAGE Kupang, serta Canva dinilai sebagai kebutuhan dan penunjang kerja desain grafis. Perilaku kreatif yang muncul pada pemuda IMAGE Kupang akibat penggunaan fitur-fitur aplikasi Canva meliputi: rajin mencari inspirasi desain, mengeksplorasi fitur aplikasi Canva, dan mengombinasikan fitur aplikasi Canva dengan aplikasi lain.

Kata-kata kunci : Rutinitas; Pemaknaan; Perilaku Kreatif; Pemuda


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2003050024
Dosen Pembimbing
PETRUS ANA ANDUNG - 197402072008011012 - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Aslan - 198812242019031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Ketua Penguji
Muhammad Aslam - 198812242019031001 - Penguji 1
Silvania Stella Epiphania Mandaru - 198401062014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 AMH F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA