Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemberdayaan Kesejahteraan Kluarga (PKK) Di Desa Nunkolo, Kecamatan Nunkolo, Kabupten Timor Tngah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemberdayaan Kesejahteraan Kluarga (PKK) Di Desa Nunkolo, Kecamatan Nunkolo, Kabupten Timor Tngah Selatan

XML

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan masyarakat melalui program PKK di Desa Nunkolo, Kecamatan Nunkolo, Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Sumodiningrat bahwa tahap pemberdayaan dibagi menjadi tiga bagian yaitu tahap penyadaran, tahap tranformasi dan tahap peningkatan.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 3 orang yaitu ketua PKK, sekretaris PKK, dan anggota PKK. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan; 1) Tahap penyadaran; potensi yang dimiliki tidak dikembangkan dengan baik karena malas dan tidak mau untuk belajar, adanya motivasi dari ibu-ibu PKK yang didapat dari pelatihan tentang pembuatan keterampilan menganyam okomama dan tas dari daun lontar namun hanya sekedar mengikuti dan tidak melanjutkan ke kelompok dan juga untuk kehidupan sendiri, kurang adanya interaksi antara pengurus dan anggota atau anggota dengan anggota lain sehingga potensi dari ibu-ibu hanya sebatas untuk dirinya sendiri yang mengetahui. 2) Tahap transformasi; ibu-ibu dalam PKK sebagian sudah terampil namun kurangnya interaksi dan kerjasama sehingga tidak berbagi ilmu kepada anggota lain tentang pengolahan keterampilan dan 3) Tahap peningkatan ; ibu-ibu PKK kurang menyadari akan potensi dan keterampilan yang dimiliki, kurangnya motivasi dari program PKK yang ada sehingga mempengaruhi potensi yang dikembangkan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Deni Sanherib Nahak - Personal Name
Student ID
17070051
Dosen Pembimbing
Abdul Syukur, S.Pd.,M.Pd - 19841021 200812 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Frans Kristian Selly, M.Pd - 080928701 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rongky Famdale - 197604042008121001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05 Nah P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA