Efektivitas Pelayanan E-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Pelayanan E-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan dan juga dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat efektivitas pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori Sedarmayanti (2009:60). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tolak ukur dalam penelitian ini menggunakan tolak ukur efektivitas menurut Sedarmayanti (2009:60) yakni; Input, Proses, Hasil (Output) dan juga Produktivitas. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan dalam menentukan informan menggunakan teknik Purposive, dengan jumlah informan sebanyak 8 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, pengamatan atau observasi dan dokumentasi dengan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan belum terlihat efektif apabila ditinjau dari teori Sedarmayanti tentang tolak ukur efektivitas yakni; xvi Input, proses, output dan produktifitas. Dalam proses Input yang berkaitan dengan sarana dan prasarana masih kurang memadai yang dapat menghambat Proses pelayanan sehingga Output dalam proses pelayanan E-KTP tersebut dapat mempersulit masyarakat sendiri. Oleh sebab itu Produktivitas dalam pelayanan EKTP ini kurang produktif dikarenakan kegiatan pelayanan E-KTP sering kali memakan waktu yang cukup lama. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan belum efektif dalam memberikan pelayanan E-KTP kepada masyarakat. Hal ini berdasarkan Input, Proses, Output, dan juga Produktifitas pelayanan sebagai tolak ukur efektivitas pelayanan menurut Sedarmayanti (2009:60) belum berjalan dengan baik. Faktorfaktor penghambat efektifitas pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan terletak pada minimnya anggaran yang dialokasikan serta srana dan prasarana yang kurang memadai seperti alat pencetakan E-KTP yang sering mengalami kerusakan, kesulitan dalam pengadaan blangko dan ribon serta sumber daya manusia yang kurang memadai.
Kata Kunci: Efektivitas, Input, Proses, Output, Produktifitas


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1603040025
Dosen Pembimbing
ALFRED OMRI ENA MAU - 198104272006041002 - Dosen Pembimbing 1
Yohannes Fisher Keon - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yohannes F Keon - - Penguji 1
Alfridus S. D. Dari - 198403112014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Feo E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA