STRATEGI ADAPTASI MASYARAKAT DALAM MENANGANI PROBLEMATIKA KETERBATASAN AIR BERSIH ( Studi Kasus Pada Dusun B, Desa O'obibi, Kecamatan Kot'olin, Kabupaten Timor Tengah Selatan)

Detail Cantuman

Skripsi

STRATEGI ADAPTASI MASYARAKAT DALAM MENANGANI PROBLEMATIKA KETERBATASAN AIR BERSIH ( Studi Kasus Pada Dusun B, Desa O'obibi, Kecamatan Kot'olin, Kabupaten Timor Tengah Selatan)

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan keterbatasan air bersih
yang terjadi di Dusun B, dan kebutuhan air bersih masyarakat cukup besar namun kebutuhan terhadap air yang besar tersebut tidak diimbangi dengan ketersediaan air yang memadai dan mencukupi sehingga hal tersebut juga memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, masyarakat
beusaha melalukan berbagai tindakan penanggulangan untuk mengatasi
permasalahan air bersih. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola perilaku masyarakat Dusun B dalam menghadapi masalah keterbatasan air bersih dan juga proses adaptasi masyarakat dalam menghadapi problematika keterbatasan air bersih serta tindakan penanggulangan yang dilakukan oleh masyarakat.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian adalah Dusun B, Desa O’obibi, Kecamatan Kot’olin Kabupaten Timor Tengah Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah Masyarakat Dusun B. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya masalah keterbatasan air bersih yang terjadi pada Dusun B, masyarakat berusaha mempertahankan hidup dengan cara mencari air menggunakan tenaga sendiri dan juga ketika mendapatkan air harus menghemat dalam menggunakan dan juga menjaga ketersediaan sumber daya air. Adapun Strategi yang masyarakat gunakan yaitu membuat bak penampung, memakai viber dan embung agar dapat menjaga keberadaan air untuk memenuhi kebutuhan hidup, dan ada juga sebagian dari masyarakat yang tidak merawat lingkungan atau alam dengan baik. Masyarakat ketika mendapatkan air dengan kualitas kurang bersih harus disaring menggunakan kain. Ada juga ritual yang dilakukan oleh masyarakat yaitu ritual toit ulan. Hal tersebut dilakukan pada saat kemarau berkepanjangan dan ketika dilakukan terkadang mendapatkan air hujan yang melimpah dan mata air bertambah tetapi terkadang juga tidak .

Kata kunci: Adaptasi masyarakat, keterbatasan air bersih Di DesaO’obibi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ELSI PETRONELA ALUNPAH - Personal Name
Student ID
1801170053
Dosen Pembimbing
ERNI RASTER KLAU - 198506272008122002 - Dosen Pembimbing 1
AMBARA SARASWATI MARDANI - 198511082008122003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gallex Simbolon - 198910042018031001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05 Alu S
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA