DAMPAK SIKLON TROPIS SEROJA TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI RUMAH TANGGA PETANI ( STUDI KASUS : DI DESA PUKDALE KECAMATAN KUPANG TIMUR KABUPATEN KUPANG)

Detail Cantuman

Skripsi

DAMPAK SIKLON TROPIS SEROJA TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI RUMAH TANGGA PETANI ( STUDI KASUS : DI DESA PUKDALE KECAMATAN KUPANG TIMUR KABUPATEN KUPANG)

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi rumah tangga petani padi di Desa Pukdale sebelum dan sesudah bencana seroja serta mengetahui kontribusi pendapatan usahatani padi terhadap pendapatan total rumah tangga petani di Desa Pukdale. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, pendapatan, uji beda rata – rata serta kontribusi pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan kondisi sosial ekonomi baik dalam aspek kesehatan, sosial budaya, kepemilikan aset serta pendapatan rumah tangga petani sebelum dan sesudah bencana Seroja. 1) Petani yang dulunya tidak pernah mengalami trauma sebelum terjadinya Seroja, tetapi setelah bencana Seroja mareka mengalami trauma. 2) Keadaan sosial budaya masyarakat tani di Desa Pukdale tidak terjadi perubahan yaitu etos kerja masi sama yaitu tinggi, sikap terhadap pemulihan kembali sangat tinggi serta ketergantungan terhadap bantuan pemerintah sangat rendah. 3) Kepemilikan aset petani sebelum dan pasca Seroja signifikan yaitu mengalami penurunan yang meliputi ternak babi dari 51% petani dilokasi penelitian memiliki ternak babi mengalami penurunan hingga 20%. Hal ini juga terjadi pada jenis ternak sapi dari 21% menjadi 11%. Penurunan aset tersebut akibat kematian ternak karena terendam dan terseret arus banjir yang diialami masyarakat pada saat terjadi bencana seroja. 4) Mata pencaharian petani sebelum dan pasca seroja tetap sama yakni sebagai petani, peternak, maupuan buruh tani. 5) Perbedaan pendapatan usahatani padi sebelum dan pasca terjadinya bencana Seroja sangatlah signifikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Paired Sample T-test menggunakan aplikasi Microsoft excel plus 2019, diketahui bahwa nilai Sig.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
APNER RADJA - Personal Name
Student ID
2004020030
Dosen Pembimbing
Dr. Ir. Damianus Adar, M. Ec - - Dosen Pembimbing 1
I WAYAN NAMPA - 198303232012121002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Ir. Damianus Adar, M. Ec - - Ketua Penguji
I Wayan Nampa - 198303232012121002 - Penguji 1
Ir. Marthen R. Pellokila, MP. Phd - 19650317 198903 1 002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Pertanian
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.01 Rad. D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA