Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Materi Ajar Kebijakan Moneter Dan Kebijakan Fiskal Pada Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 1 Amarasi Kabupaten Kupang
XMLAdapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Amarasi Kabupaten Kupang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Amarasi kabupaten kupang Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes untuk pelaksanaan pembelajaran . Indikator keberhasilan penelitian ini sebesar 80% . Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan materi ajar kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa
pada tiap siklus. adanya peningkatan rata-rata kelas dan ketuntasan belajar siswa. Rata-rata kelas pada siklus I sebesar 75dan siklus II sebesar 80. Ketuntasan belajar siswa yang diukur dengan tes kompetensi kognitif pada siklus I sebesar 41,6%, dan siklus II sebesar 87,5%.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Rani Sihombing - Personal Name
|
Student ID |
1601080111
|
Dosen Pembimbing |
markus u.k.yewang - 196412231994031002 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Jacob Abolla Daka - 197202102006041002 - Ketua Penguji
markus u.k.yewang - - Penguji 1 Yeheskial Nggandung - 198408142019032008 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 Sih P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |