PENGGUNAAN BAHASA JURNALISTIK PADA HEADLINE SITUS BERITA ONLINE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMBACA (Studi Kasus Pada victorynews.id)

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN BAHASA JURNALISTIK PADA HEADLINE SITUS BERITA ONLINE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMBACA (Studi Kasus Pada victorynews.id)

XML

Penyajian suatu berita online tidak terlepas dari headline/judul berita yang menjadi bagian utama pemberitaan dalam hal publikasi dan memberi dampak kepada pembaca, sehingga tidak bisa dilepaskan dengan bagaimana pemilihan kata (diksi) dan berbagai teknis pedoman penulisan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan penggunaan bahasa jurnalistik dan sistem pengembangan penggunaan bahasa jurnalistik pada headline situs berita online dalam meningkatkan jumlah pembaca. Penelitian ini menggunakan paradigm konstruktivisme. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus kualitatif. Penelitian ini berfokus pada penggunaan bahasa jurnalistik pada situs berita online yakni victorynews.id dengan Wartawan victroynews.id sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dikaji menggunakan teori ekologi media dan proses komunikasi dalam media yang berperan menjadi lingkungan terhadap presepsi manusia, perasaan, pemahaman, dan nilai-nilai yang dianut. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya tahapan dalam penggunaan bahasa jurnalistik yang dilakukan oleh victorynews.id, yakni; proses perencanaan, pembuatan dan pengeditan, pasca publikasi dan penilaian Pembaca berita online serta 17 karakteristik sebagai acuan dalam mengetahui lebih rinci penggunaan bahasa jurnalistik yang meliputi; sederhana, singkat, padat, lugas, jelas, jernih, menarik, demokratis, populis, gramatikal, menghindari kata tutur, menghindari kata dan istilah asing, pilihan kata yang tepat, mengutamakan kalimat aktif, menghindari kata atau istilah teknis, dan tunduk pada kaidah etika. Adapun sistem pengembangan bahasa jurnalistik pada headline ialah memperbaiki dan memperbaharui kata-kata dalam judul berita, memperbaiki keterampilan wartawan dalam menulis berita, dan menindaklanjuti hal-hal mendasar yabg berkaitan dengan sistem pada situs victorynews.id

Kata kunci: Situs Berita Online, Bahasa Jurnalistik, Judul Berita


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Angga Yosua Hu’an - Personal Name
Student ID
1903050061
Dosen Pembimbing
MONIKA WUTUN - 198301112014042001 - Dosen Pembimbing 1
Henny L.L. Lada - NUPN 9900007799 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Monika Wutun - 198301112014042001 - Ketua Penguji
Henny L.L. Lada - NUPN 9900007799 - Penguji 1
Silvania S.E. Mandaru - 198401062014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Hua P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA