Kinerja Institusi Kepolisian Dalam Menangani Kasus Tindak Pidana Kekerasan Terhadap Anak (Studi Kasus Unit Ppa Satreskirm Polres Belu)

Detail Cantuman

Skripsi

Kinerja Institusi Kepolisian Dalam Menangani Kasus Tindak Pidana Kekerasan Terhadap Anak (Studi Kasus Unit Ppa Satreskirm Polres Belu)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi Kinerja Unit PPA Satreskrim Polres Belu dalam menangani kasus tindak pidana kekerasan terhadap anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, jumlah informan 15 orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kinerja dalam menangani kasus tindak pidana kekerasan terahdap anak. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dengan meninjau semua data yang didukung dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh Dwiyanto (2008) yang meliputi indikator produktivitas, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Kinerja Unit PPA Satreskrim Polres Belu dalam menangani kasus tindak pidana kekerasan terhadap anak belum cukup baik. Faktor-faktor yang mendukung kinerja Unit PPA Satreskrim Polres Belu antara lain: dikjur, motivasi baik, responsif, kerjasama dan koordinasi yang baik, dan penggunaan aplikasi. Sedangkan, faktor-faktor yang menghambat kinerja Unit PPA Satreskrim Polres Belu antar lain: kesulitan mendatangkan saksi, korban tidak memiliki akta kelahiran, korban atau pelaku yang berbohong, keterbatasan sarana dan prasarana, tidak ada penjelasaan terkait tingkatan penyelesaian kasus, dan tidak adanya papan SOP. Adapun saran yang dapat ditawarkan oleh peneliti yaitu : 1) meningkatkan kegiatan soisalisasi, 2) memberikan penjelasan yang komperhensif terkait alur penangan kasus dan melakukan pengadaan papan SOP terkait alur penanganan kasus, 3) memperbaiki proses penyidikan dan memverifikasi informasi kontak korban atau pelapor, 4) memperhatikan keterbukaan infomrasi bagi kepentingan akademis.
Kata kunci : Kinerja, Kekerasan, Anak, dan Kepolisian


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2003010100
Dosen Pembimbing
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 1
PRIMUS LAKE - 195908281987021002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Ketua Penguji
Primus Lake - 195908281987021002 - Penguji 1
Mariayani O. Rene - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 NDU K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA