Skripsi
PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAK SINT CHAROLUS KUPANG
XMLPenelitian Ini Di Laksanakan Di SMAK Sint Charolus Kupang, Dengan Judul Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAK Sint Charolus Kupang. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa Kelas XII pada mata pelajaran ekonomi belum optimal, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai pada setiap kali dilakukan evaluasi oleh guru masih banyak siswa yang mendapatkan nilai belum mencapai KKM.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel bebas terhadap variabel terikat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif, dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan dua macam metode pengumpulan data yaitu kuesioner (angket) dan dokumentasi dengan jumlah populasi 45 orang siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel Keterampilan membuka dan menutup pelajaran (X1), Keterampilan bertanya (X2), Keterampilan menjelaskan (X3) Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil (X4) Keterampilan memberi penguatan (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar siswa (Y1), dimana thitung = (X1 2.319, X2 2.803, X3 2.283, X4 3.014, X5 2.187) > ttabel = 2.032, dengan taraf signifikan (X1 0.027, X2 0.008, X3 029, X4 005, X5 0.036) < 0,05 sedangkan secara simultan keterampilan membuka dan menutup pembelajaran (X1), keterampilan bertanya (X2), keterampilan menjelaskan (X3), keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil (X4), keterampilan memberi penguatan (X5) ada pengaruh secara bersama sama terhadap hasil blajar (Y). Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 97.517 dengan nilai Ftabel sebesar 2.49, Jadi, nilai Fhitung ˃ Ftabel atau 97.517 ˃ 2.49 dengan taraf signifikan 0,000 ˂ 0,05. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai 0.935 atau 93.50% yang artinya variabel bebas (X) berpengaruh terhadap variabel terikat (Y) sedangkan sisanya 6.50 % di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Menjelaskan, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Keterampilan Memberi Penguatan.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
FENANSIUS FANDRI - Personal Name
|
Student ID |
1801080086
|
Dosen Pembimbing |
Drs. Yeheskial Nggandung, M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Ari Data, S.Pd., MM - - Ketua Penguji
Drs. Yeheskial Nggandung, M.Si - 1963027 199003 1 002 - Penguji 1 Andri Paulus Loe, S.Pd, M.Pd - 199105272019031014 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 Fan. P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |