PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAK SINT CHAROLUS KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAK SINT CHAROLUS KUPANG

XML

Penelitian Ini Di Laksanakan Di SMAK Sint Charolus Kupang, Dengan Judul Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAK Sint Charolus Kupang. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa Kelas XII pada mata pelajaran ekonomi belum optimal, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai pada setiap kali dilakukan evaluasi oleh guru masih banyak siswa yang mendapatkan nilai belum mencapai KKM.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel bebas terhadap variabel terikat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif, dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan dua macam metode pengumpulan data yaitu kuesioner (angket) dan dokumentasi dengan jumlah populasi 45 orang siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel Keterampilan membuka dan menutup pelajaran (X1), Keterampilan bertanya (X2), Keterampilan menjelaskan (X3) Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil (X4) Keterampilan memberi penguatan (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar siswa (Y1), dimana thitung = (X1 2.319, X2 2.803, X3 2.283, X4 3.014, X5 2.187) > ttabel = 2.032, dengan taraf signifikan (X1 0.027, X2 0.008, X3 029, X4 005, X5 0.036) < 0,05 sedangkan secara simultan keterampilan membuka dan menutup pembelajaran (X1), keterampilan bertanya (X2), keterampilan menjelaskan (X3), keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil (X4), keterampilan memberi penguatan (X5) ada pengaruh secara bersama sama terhadap hasil blajar (Y). Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 97.517 dengan nilai Ftabel sebesar 2.49, Jadi, nilai Fhitung ˃ Ftabel atau 97.517 ˃ 2.49 dengan taraf signifikan 0,000 ˂ 0,05. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai 0.935 atau 93.50% yang artinya variabel bebas (X) berpengaruh terhadap variabel terikat (Y) sedangkan sisanya 6.50 % di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Menjelaskan, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Keterampilan Memberi Penguatan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
FENANSIUS FANDRI - Personal Name
Student ID
1801080086
Dosen Pembimbing
Drs. Yeheskial Nggandung, M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 Fan. P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA