PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KUPANG TIMUR

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KUPANG TIMUR

XML

Rendahnya hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Kupang Timur menjadi masalah yang akan diteliti. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPS SMA Negeri 1 Kupang Timur tahun Ajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh motivasibelajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kupang Timur, (2) mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kupang Timur, (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kupang Timur.
Jenis penelitian ini ialah explanasi ( Explanatory). Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Motivasi belajar dan disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Kupang Timur. Hal ini di tunjukan oleh nilai signifikan sebesar 0,001. Artinya nilai sig < 0,05 sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho di tolak. Dengan demikian motivasi dan disiplin merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YUNITA METRIANA DATO - Personal Name
Student ID
1901080086
Dosen Pembimbing
Dr. Ari Data, S.Pd., MM - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Markus Umbu K. Yewang, MM - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Yeheskial Nggandung, M.Si - 1963027 199003 1 002 - Ketua Penguji
Dr. Ari Data, S.Pd., MM - - Penguji 1
Dr. Markus Umbu K. Yewang, MM - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 Dat. P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA