Pengaruh Intensitas pemberian tugas sekolah terhadap minat belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Intensitas pemberian tugas sekolah terhadap minat belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Kupang

XML

Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok dan yang terpenting dalam belajar untuk mencapai tujuan belajar yang telah ditentukan. Ada berbagai macam aspekyang mempengaruhi proses belajarnya, di antaranya adalah aspek psikologi. Aspek yang dimaksud adalah minat siswa terhadap pelajaran. Ada beberapa cara yang dilakukan guru untuk menarik minat siswa, di antaranya adalah dengan cara pemberian tugas. Tugas yang diberikan itu bisa berbentuk pekerjaan rumah (PR), mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS), dan dengan memberikan suatu perintah untuk didiskusikan oleh siswa baik secara tertulis maupun lisan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemberian tugas sekolah, minat belajar, dan apakah ada pengaruh pemberian tugas sekolah terhadap minat belajar pada peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kupang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian regresi linear sederhana. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kupang dengan jumlah populasi 120 peserta didik dan sampel 60 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan metode proportionate stratified random sampling, untuk menentukan ukuran sampel diambil 50% dari tiap populasi dengan taraf kesalahan 5%.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket, yakni angket pemberian tugas sekolah (42) dan angket minat belajar (28), dengan skala yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan teknik analisis regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pemberian tugas sekoah pada peserta didik berada pada kategori tinggi yaitu 50 peserta didik (71-58%), dan minat belajar peserta didik juga berada pada kategori tinggi yaitu 46 peserta didik (71-58%). Hasil analisis menunjukkan Fhitung sebesar 12,463 > Ftabel = 4,00 (N=60) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, dengan koefisien diterminasi (R Square) sebesar 0,177, yang mengandung pengertian bahwa pemberian tugas sekolah berpengaruh terhadap minat belajar pada peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kupang yaitu sebesar 17,7%,, dan sisanya 82,3% dipengaruhi oleh faktor lain kedisiplinan belajar, prestasi belajar, hasil belajar dan konsentrasi belajar.

Kata Kunci: Pemberian Tugas Sekolah, Minat Belajar



Maria Yunita Edweney Tai Awa, 1901160120, The Influence of Giving School Assignments on Interest in Learning in Class XI IPS Students at SMA Negeri 6 Kupang. Thesis, Guidance and Counseling Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Nusa Cendana University Kupang, Supervised by Muhammad Dae Pua Upa and Paulinus A. S. Uda


ABSTRACT
In the entire educational process at school, teaching and learning activities are the most basic and most important activities in learning to achieve predetermined learning goals. There are various aspects that influence the learning process, including the psychological aspect. The aspect in question is students' interest in the lesson. There are several ways teachers use to attract students' interest, one of which is by giving assignments. The assignments given can be in the form of homework (PR), working on Student Worksheets (LKS), and by giving instructions to be discussed by students both in writing and orally.
This research aims to determine the description of giving school assignments, interest in learning, and whether there is an influence of giving school assignments on interest in learning in class XI IPS students at SMA Negeri 6 Kupang.
This research uses a quantitative approach with a simple linear regression type of research. This research was carried out on class XI IPS students at SMA Negeri 6 Kupang with a population of 120 students and a sample of 60 students. The sampling technique used was a probability sampling technique with the proportionate stratified random sampling method, to determine the sample size taken 50% from each population with an error rate of 5%. The data collection technique used in this research was a questionnaire, namely a questionnaire for giving school assignments (42 ) and a learning interest questionnaire (28), with the scale used being a Likert scale. The data analysis technique used is descriptive analysis and simple linear regression analysis techniques with the help of SPSS version 25 software.
The results of this research show that in general the provision of school assignments to students is in the high category, namely 50 students (71-58%), and students' interest in learning is also in the high category, namely 46 students (71-58%). The results of the analysis show that Fcount is 12.463 > Ftable = 4.00 (N=60) with a significance level of 0.001 < 0.05, with a termination coefficient (R Square) of 0.177, which means that giving school assignments influences participants' interest in learning. students of class

Keywords: Giving School Assignments, Interest in Learning


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901160120
Dosen Pembimbing
MUHAMAD DAE PUA UPA - 196101131986011001 - Dosen Pembimbing 1
Paulinus A. S. Uda, M.Pd - 8966830022 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
LOLANG MARIA MASI - 198911082019032013 - Ketua Penguji
Muhamad Dae Pua Upa - 196101131986011001 - Penguji 1
Paulinus A. S. Uda, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86201 Awa. P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA