KAJIAN NILAI-NILAI MORAL DALAM PROSESI ADAT KENOTO PADA ACARA PERKAWINAN DI PULAU RAIJUA KABUPATEN SABU RAIJUA

Detail Cantuman

Skripsi

KAJIAN NILAI-NILAI MORAL DALAM PROSESI ADAT KENOTO PADA ACARA PERKAWINAN DI PULAU RAIJUA KABUPATEN SABU RAIJUA

XML

Kadja Pau, Nahason. 2024. “Kajian nilai-nilai yang terkandung dalam adat kenoto pada acara perkawinan dipulau Raijua, Kabupaten Sabu Raijua”. (Dr. Leonard Lobo, M.Kes sebagai pembimbing I dan Daud Y. Nassa, M.Pd sebagai pembimbing II).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mendeskripsikan bagaimana prosesi adat kenoto pada acara perkawinan di pulau Raijua dan bagaimana wujud nilai-nilai yang terkandung dalam upacara perkawinan adat (kenoto) di Raijua.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang digunakan dengan cara mengumpulkan data dilapangan, mengelola, menganalisis dan menarik kesimpulan. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun data sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik Observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat, keluarga kedua mempelai yang menikah di kecamatan Raijua.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prosesi adat kenoto di Kecamatan Raijua, masih sangat terjaga dan terus dilakukan sebagai wujud penghormatan terhadap budaya daerah. kenoto merupakan syarat sahnya sebuah perkawinan adat yang dilakukan dipulau Raijua, yang artinya adat Kenoto ini dilakukan ketika ada acara perkawinan, tahapan-tahapan atau proses yang wajib dilakukan yaitu, pertama : masuk minta, kedua : kumpul keluarga, ketiga : pelamaran dan keempat : proses pernikahan. Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam adat kenoto yaitu : nilai kekeluargaan, nilai budaya, nilai persatuan dan nilai religius. Adat kenoto dipercaya dapat mempererat hubungan kekeluargaan dan rasa persatuan antar masyarakat Raijua, khususnya kedua keluarga besar yang terlibat dalam pernikahan. Masyarakat Raijua memaknai kenoto sebagai bentuk komitmen antara laki-laki dan perempuan untuk membentuk dan membangun sebuah keluarga yang harmonis dan langgeng. Kenoto merupakan wujud rasa hormat keluarga laki-laki atas kerja keras orang tua dan keluarga perempuan yang telah merawat dan membesarkan mempelai perempuan, sehingga dalam pelaksanaannya rasa hormat dan saling menghargai adalah hal paling utama.

Kata Kunci : Proses dan nilai dalam adat kenoto


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NAHASON KADJA PAU - Personal Name
Student ID
1901070126
Dosen Pembimbing
Dr. LEONARD LOBO, M.Kes - 19591211 198602 1 005 - Dosen Pembimbing 1
Daud Yefkanius Nassa - 9908419488 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
UNIVERSITAS NUSA CENDANA
Kontributor
Dr. Leonard Lobo, M,Kes - Kontributor
DAUD Y NASSA - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
081339637811
Copyright
UNIVERSITAS NUSA CENDANA
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA