PERAN MAHASISWA PPKn DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PANCASILA DALAM MENGHADAPI ERA SOCIATY 5.0 DI PRODI PPKn UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN MAHASISWA PPKn DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PANCASILA DALAM MENGHADAPI ERA SOCIATY 5.0 DI PRODI PPKn UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran mahasiswa PPKn dalam mengimplementasikan nilai- nilai karakter Pancasila di Era Society 5.0?, (2) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung implementasi nilai-nilai karakter Pancasila di era society 5.0?, (3) Bagaimana strategi dalam mengatasi faktor hambatan implementasi nilai- nilai karakter Pancasila di era society 5.0? tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran mahasiswa PPKn dalam mengimplementasikan nilai- nilai karakter Pancasila di Era Society 5.0; (2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung implementasi nilai-nilai karakter Pancasila di era society 5.0; (3) Untuk mendeskripsikan strategi dalam mengatasi faktor hambatan implementasi nilai- nilai karakter Pancasila di era society 5.0.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini yaitu Koordinator Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Mahasiswa atau mahasiswi PPKn angkatan 2019- 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) peran mahasiswa PPKn dalam mengimplementasikan nilai- nilai karakter Pancasila di Era Society 5.0 adalah Menanamkan nilai-nilai karakter Pancasila yakni nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan dalam menghadapi arus perkembangan yang sangat pesat saat ini. Dan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus menjadi agen perubahan yang proaktif dan kreatif, juga dapat memanfaatkan teknologi dan inovasi untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila yang ada, serta dapat menginspirasi orang lain untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang mempromosikan nilai-nilai Pancasila dengan cara yang efektif dan menyenangkan. 2). faktor yang menghambat implementasi nilai-nilai karakter Pancasila adalah faktor internal dan faktor ekternal. Faktor yang mendukung implementasi nilai-nilai karakter Pancasila diera Sociaty 5.0 adalah adanya kesadaran dalam diri sendiri untuk selalu menanamkan nilai-nilai Pancasila dan dijadikan sebagai pedoman dalam bertindak, adanya rasa bahagia dan tenang ketika mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, serta adanya pengaruh dari lingungan sekitar, 3). Strategi untuk mengatasi faktor hambatan implementasi nilai- nilai Pancasila adalah adanya kesadaran dalam diri sendiri untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang mengedepankan nilai-nilai Pancasila. Mencari dukungan atau bimbingan untuk lebih memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Angela Hilda Lake - Personal Name
Student ID
1901070107
Dosen Pembimbing
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Dosen Pembimbing 1
Daud Yefkanius Nassa - 9908419488 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Ketua Penguji
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Penguji 1
Daud Yefkanius Nassa - 9908419488 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 ake P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA