Skripsi
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDI NAIMATA KOTA KUPANG DALAM MENENTUKAN IDE POKOK DAN IDE PENUNJANG
XMLSkripsi oleh Theresia Anna Maria Chaterine Noeng, Nim 1901140153, PGSD tahun 2023 dengan Judul “Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDI Naimata Kota Kupang Dalam Menentukan Ide Pokok Dan Ide Penunjang”. Rumusan Masalah “Bagaimana proses peningkatan keterampilan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media audio visual dikelas IV SDI Naimata Kota Kupang?”. Tujuan “Untuk Meningkatankan hasil belajar pada pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Pembelajaran 1 siswa kelas IV SDN Naimata Dalam Menentukan Ide
Pokok dan Ide Penunjang dengan menggunakan media Audio Visual”. Teknik Pengumpulan Data yaitu Teknik Observasi Dan Teknik Tes. Subjek yaitu Teknik Subjek penelitian atau responden adalah pihak-pihak yang dijadikan sebagai sampel dalam sebuah penelitian. Subjek penelitian juga membahas karakteristik subjek yang digunakan dalam penelitian, termasuk penjelasan mengenai populasi, sampel dan teknik sampling yang digunakan, Analisis Data yaitu teknik mengenai cara si peneliti dalam menganalisis sebuah data. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Naimata Kota Kupang dengan hasil penelitian menunjukan bahwa data hasil observasi keaktifan guru pada siklus I nilai 62.5% sedangkan siklus II dengan nilai 82.69%, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 61.80% sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II dengan nilai rata-rata 81.40%. pada pembelajran siklus I dari subjek 25 peserta didik dimana 17 orang (68%) tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, tidak bermain pada saat pembelajaran berlangsung, mau bekerja sama dalam kelompok, mampu mengerjakan LKPD, mnyelesaikan soal ts dengan benar. Hal ini karena guru mampu meroganisir siswa di dalam kelas pada saat pembelajaran berlangsung. Selanjutnya yang tidak tuntas 8 0rang (32%) tidak tuntas karena tidak mendengarkan penejelasan guru, bermain
pada saat pembelajaran berlangsung, tidak mau bekerja sama dengan anggota kelompok, tidak mampu mengerjakan LKPD, tidak dapat mengerjakan soal tes dengan benar. Hal ini disebabkan oleh faktor dari guru. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar meningkat yakni dari 25 siswa, semuanya tuntas (100%) karena siswa telah menguasai materi, memperhatikan penjlasan guru dan menjawab soal tes dengan baik, menyampaikan pembelajaran dengan baikdan melaksanakan pembelajaran sesuai langkah-langkah model pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka diketahui bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia penggunaan media audio visual pada pembelajaran tema 2 subtema 1 pembelajaran 1. Hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatkan hasil belajar pada siklus II yakni 100% dengan demikian penggunaan media audio visual pada pembelajaran tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 pembelajaran 2 untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDI Naimata Kota Kupang dalam menentukan ide pokok dan ide penunjang.
Kata kunci: media audio visual, hasil belajar, media pembelajaran
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Threresia Anna Maria Chaterine Noeng - Personal Name
|
Student ID |
1901140153
|
Dosen Pembimbing |
Silvester P. Taneo - 19601126 198803 1 005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1 Dr. Labu Djuli, M.Hum - 196207031990031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Noe P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |