PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V SD INPRES LALAO KABUPATEN ROTE NDAO

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V SD INPRES LALAO KABUPATEN ROTE NDAO

XML

Tujuan dalam Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem kelas V SD Inpres Lalao Kabupaten Rote Ndao. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif. Penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre Experimental Design bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas 5 SD Inpres Lalao Kabupaten Rote Ndaoyang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel.Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihanganda berupa pretest dan posttest sebanyak 20 soal yang telah valid. Analisis data yang digunakan yaitu t-tes. Hasil uji normalitas hasil belajar dari pretest-posttest didapatkan nilai signifikan sebesar 0,829 > 0,05 sehingga data berdistribusi normal, selanjutnya hasil uji homogenitas menunjukkan (sig) Levene’s sebesar 0,034 > 0,05 sehingga data yang diperoleh bersifat homogen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan paired sample T-test menunjukkan bahwa nilai probabilitas signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian bahwa hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Enjel Irenny Lenggu - Personal Name
Student ID
1901140245
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Ketua Penguji
Maxel Koro, S.Pd., M.Pd - 19901118 201903 1 007 - - Penguji 1
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Len P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA