Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V SD INPRES LALAO KABUPATEN ROTE NDAO
XMLTujuan dalam Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem kelas V SD Inpres Lalao Kabupaten Rote Ndao. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif. Penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre Experimental Design bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas 5 SD Inpres Lalao Kabupaten Rote Ndaoyang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel.Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihanganda berupa pretest dan posttest sebanyak 20 soal yang telah valid. Analisis data yang digunakan yaitu t-tes. Hasil uji normalitas hasil belajar dari pretest-posttest didapatkan nilai signifikan sebesar 0,829 > 0,05 sehingga data berdistribusi normal, selanjutnya hasil uji homogenitas menunjukkan (sig) Levene’s sebesar 0,034 > 0,05 sehingga data yang diperoleh bersifat homogen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan paired sample T-test menunjukkan bahwa nilai probabilitas signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian bahwa hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Enjel Irenny Lenggu - Personal Name
|
Student ID |
1901140245
|
Dosen Pembimbing |
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Ketua Penguji
Maxel Koro, S.Pd., M.Pd - 19901118 201903 1 007 - - Penguji 1 Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Len P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |