PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN KE 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS V SD NEGERI TUBUNAUS KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN KE 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS V SD NEGERI TUBUNAUS KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Skripsi Oleh Delila Betris Faot. NIM. 1901140209. Penggunaan model pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran tema 5 subtema 1 pembelajaran ke 3 untuk meningkatkan
hasil belajar di kelas V SD Negeri Tubunaus Kabupaten Timor Tengah Selatan. “Penggunaan Model Talking Stick” dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana penggunaan model pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran tema 5 subtema 1 pembelajaran ke 3 untuk meningkatkan hasil belajar di kelas V SD Negeri Tubunaus Kabupaten Timor Tengah Selatan? Tujuan untuk meningkatkan hasil belajar tentang tema 5 subtema 1 pembelajaran ke 3 dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick bagi siswa kelas V SD Negeri Tubunaus Kabupaten Timor Tengah Selatan. Dengan subjek penelitian 20 orang yakni 12 laki-laki dan 8 orang perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, teknik tes, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Tubunaus dengan hasil penelitian pada siklus I dari 20 subjek penelitian 9 siswa (45%) yang tuntas dikarenakan karena siswa memperhatikan penjelasan guru, aktif dalam diskusi kelompok, berani bertanya atau menyampaikan pendapat, dan mampu menjawab soal yang diberikan. Sedangkan 11 siswa (55%) belum tuntas karena siswa belum terbiasa dengan model Talking Stick, tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak aktif berdiskusi, tidak menanyakan materi yang belum dipahami, dan belum mampu menjawab soal yang diberikan. Pada siklus I guru kurang menguasai kelas dan hanya memperhatikan siswa yang aktif saja, belum membimbing siswa secara individual, guru kurang maksimal dalam
membantu siswa menyimpulkan pembelajaran. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari 20 subjek penelitian (100%) siswa tuntas karena guru sudah mampu menguasai kelas selama kegiatan pembelajaran, mampu bekerja sama dalam diskusi kelompok, siswa sangat aktif dan antusias mengikuti pembelajaran serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, berani berbicara dan tampil dengan percaya diri. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pemggunaan model
pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran tema 5 subtema 1 pembelajaran ke 3 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Talking Stick, Letak Geografis Indonesia, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Delila Betris Faot - Personal Name
Student ID
1901140209
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Fao P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA