Perbandingan Hasil Belajar Model Discovery Learning Dan Cooperative Learning Tipe Make A Match Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMPN 1 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Perbandingan Hasil Belajar Model Discovery Learning Dan Cooperative Learning Tipe Make A Match Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMPN 1 Kupang

XML

Peneltiian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model Discovery Learning dengan model Cooperative Learning Tipe Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Ekskresi Manusia.
Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Kupang, dilaksanakan pada bulan November 2023. Penelitian ini menggunakan merode quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Pretest-Posttest, dimana sampel yang terdiri dari dua kelas. Masing-masing kelas terdiri dari 32 peserta didik. Kelas eksperimen dengan model Cooperative Learning Tipe Make A Match diterapkan di kelas VIII J dan untuk kelas kontrol dengan model Discovery Learning diterapkan di kelas VIII K. Untuk mendapatkan data penelitian peserta didik diberikan tes untuk mengukur kemampuan kognitif dengan tes pilihan ganda.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Ekskresi Manusia dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Make A Match hasilnya lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model Discovery Learning yang dibuktikan dengan hasil ananlisis data (uji t) yaitu diperoleh nilai thitung = 3,679. Hasil tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel dengan n = 64 dan taraf signifikan 0,05 maka diperoleh ttabel = 1,669. Karena thitung > ttabel yaitu 3,679 > 1,669, maka H0 ditolak.
Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Cooperative Learning Tipe Make A Match mendapatkan nilai rata-rata 82,03, sedangkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning mendapatkan nilai rata-rata 79, 17. Peserta didik yang diajarkan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Make A Match memiliki nilai rata-rata lebih tinggi daripada peserta didik yang diajarkan menggunakan model Discovery Learning.

Kata Kunci : Model Discovery Learning, Model Cooperative Learning Tipe Make A Match, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ELISABETH RUING - Personal Name
Student ID
1901040033
Dosen Pembimbing
Mario j. Santrum - 196405241992031002 - Dosen Pembimbing 1
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Ketua Penguji
MARIO J. SANTRUM - 1961405241992031002 - Penguji 1
PAULUS TAEK - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 RUI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA