Skripsi
Perbandingan Hasil Belajar Model Discovery Learning Dan Cooperative Learning Tipe Make A Match Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMPN 1 Kupang
XMLPeneltiian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model Discovery Learning dengan model Cooperative Learning Tipe Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Ekskresi Manusia.
Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Kupang, dilaksanakan pada bulan November 2023. Penelitian ini menggunakan merode quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Pretest-Posttest, dimana sampel yang terdiri dari dua kelas. Masing-masing kelas terdiri dari 32 peserta didik. Kelas eksperimen dengan model Cooperative Learning Tipe Make A Match diterapkan di kelas VIII J dan untuk kelas kontrol dengan model Discovery Learning diterapkan di kelas VIII K. Untuk mendapatkan data penelitian peserta didik diberikan tes untuk mengukur kemampuan kognitif dengan tes pilihan ganda.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Ekskresi Manusia dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Make A Match hasilnya lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model Discovery Learning yang dibuktikan dengan hasil ananlisis data (uji t) yaitu diperoleh nilai thitung = 3,679. Hasil tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel dengan n = 64 dan taraf signifikan 0,05 maka diperoleh ttabel = 1,669. Karena thitung > ttabel yaitu 3,679 > 1,669, maka H0 ditolak.
Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Cooperative Learning Tipe Make A Match mendapatkan nilai rata-rata 82,03, sedangkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning mendapatkan nilai rata-rata 79, 17. Peserta didik yang diajarkan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Make A Match memiliki nilai rata-rata lebih tinggi daripada peserta didik yang diajarkan menggunakan model Discovery Learning.
Kata Kunci : Model Discovery Learning, Model Cooperative Learning Tipe Make A Match, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ELISABETH RUING - Personal Name
|
Student ID |
1901040033
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Ketua Penguji
MARIO J. SANTRUM - 1961405241992031002 - Penguji 1 PAULUS TAEK - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 RUI P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |