FENOMENA FANWAR DI KALANGAN PENGGEMAR K-POP (Studi Etnografi Virtual Pada Akun portal Panncafe Di Media Sosial Instagram)

Detail Cantuman

Skripsi

FENOMENA FANWAR DI KALANGAN PENGGEMAR K-POP (Studi Etnografi Virtual Pada Akun portal Panncafe Di Media Sosial Instagram)

XML

Instagram memfasilitasi penggunanya untuk dapat melakuan interaksi bebas secara virtual antara penggemar satu dengan penggemar lainya, namun tidak semua kemudahan bermedia itu dicerna dan digunakan secara bijak oleh sebagian penggemar, diantaranya untuk melakukan fanwar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motif yang memicu terjadinya fanwar di akun instagram @pancafe dan mengetahui efek yang diperoleh penggemar setelah terlibat fanwar. Penelitian ini menggunakan teori Analisis Resepsi dari Klaus Bruhn Jensen. Menggunakan Jenis penelitian kualitatif dengan metode etnografi virtual. Teknik pengumpulan data observasi virtual, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada tiga motif yang mendasari keterlibatan penggemar dalam fanwar yaitu perilaku defensif yakni penggemar akan selalu mempertahankan apa yang mereka yakini tentang idolanya sehingga, mereka akan menangkal apapun yang tidak sesuai dengan keyakinan tersebut. Kemudian perilaku ofensif yakni, dorongan dalam diri penggemar untuk murni menentang atau menjadi pemantik perseteruan yang dilatarbelakangi oleh compettitive performativity, fanatisme dan riwayat perselisihan massa lalu dan esensi untuk mendapatkan hiburan dari konflik yang berlangsung. Selanjutnya konsep Anonimitas serta kurangnya kontrol komunikasi membuat komunikasi yang terjalin antara produser media dan penggemar maupun penggemar dengan sesama penggemar tidak terjalin sempurna di ruang virtual, partisipasi intens penggemar K-pop dalam mengonsumsi informasi yang didasari sifat fanatisme, didukung oleh cara media memproduksi dan melaporkan informasi mengandung ambiguitas hingga berujung penafsiran penggemar yang menimbulkan konfrontatif. Sedangkan efek yang ditimbulkan pada pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak, fanwar terindikasi memberi dampak negatif karena dapat menimbulkan perpecahan antar sesama penggemar dan menimbulkan perasaan cemas pada pelaku yang terlibat memakai kata-kata kasar dan agresi verbal.

Kata-kata Kunci: Analisi Resepsi; Fanwar; K-Pop; Etnografi Virtual; Instagram


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Adenensi Mesu - Personal Name
Student ID
2003050201
Dosen Pembimbing
Yermia Dj. Manafe - 197003032005011001 - Dosen Pembimbing 1
Juan Ardiles Nafie - 19001182019031015 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yermia Djefri Manafe - 197003032005011001 - Ketua Penguji
Juan Ardiles Nafie - 19901182019031015 - Penguji 1
Monika Wutun - 198301112014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Mes F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA