ANALISIS PROSES PEMASARAN IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis) DAN IKAN CAKALANG (Katsuwonus pelamis) YANG DIDARATKAN DI PELABUHAN PERIKANAN PANTAI TENAU, KECAMATAN ALAK, KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS PROSES PEMASARAN IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis) DAN IKAN CAKALANG (Katsuwonus pelamis) YANG DIDARATKAN DI PELABUHAN PERIKANAN PANTAI TENAU, KECAMATAN ALAK, KOTA KUPANG

XML

Ikan tongkol dan ikan cakalang yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan Pantai Tenau akan diperjual belikan di pasar lokal maupun ekspor dalam bentuk segar, beku maupun olahan. Dalam proses pemasaran perikanan terdapat yang namanya kegiatan fungsional, kegiatan fungsional tersebut dilakukan oleh lembaga-lembaga pemasaran yang membentuk suatu rantai pemasaran tertentu. Setiap rantai pemasaran yang terbentuk pada pemasaran ikan akan memiliki karakteristik tersendiri, yang akan mempengaruhi tingkat perbedaan atau perselihihan harga dari suatu sistem jaringan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan marjin pemasaran ikan tongkol dan ikan cakalang yang didaratkan di Pelabuhan Tenau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Penentuan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa saluran pemasaran ikan tongkol dan ikan cakalang di Pelabuhan Tenau mulai dari nelayan hingga sampai ke konsumen akhir yaitu terdapat 3 saluran pemasaran. Perbedaan di saluran pemasaran I, dimana pada saluran I dari ikan tongkol adalah nelayan - pedagang pengumpul - konsumen; sedangkan saluran I dari ikan cakalang adalah nelayan - Industri Perikanan (PT. Alger) – ekspor ke Surabaya. Pada saluran pemasaran II, ikan cakalang dan ikan tongkol yaitu: nelayan - pedagang pengumpul - pedagang pengecer – konsumen. Pada saluran III ikan cakalang dan ikan tongkol adalah nelayan - pedagang pengecer - konsumen. Marjin pemasaran ikan tongkol dari 3 saluran pemasaran sebesar Rp. 23.000/Kg; sedangkan marjin pemasaran ikan cakalang sebesar Rp. 30.000/Kg.

Kata Kunci : Saluran pemasaran, marjin pemasaran, tongkol, cakalang, Pelabuhan Tenau.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
VERONIKA ANUT - Personal Name
Student ID
2013020062
Dosen Pembimbing
YAHYAH - 196601081992031002 - Dosen Pembimbing 1
CHATERINA AGUSTA PAULUS - 198408192010122003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yahyah - 196601081992031002 - Ketua Penguji
Chaterina Agusta Paulus - 198408192010122003 - Penguji 1
Dr. Chaterina A. Paulus, S.Pi., M.Si., CRA., CRP., CRMP - - Penguji 1
Lebrina Ivantry Boikh - 198828022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54242
Edisi
Published
Departement
Fakultas Kelautan dan Perikanan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.42 Anu. A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA