Skripsi
HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENGARANG SISWA KELAS V SD NEGERI BUNI
XMLSkripsi oleh Ince Julisna Sae, NIM 1901140059 dengan judul “hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas V SD Negeri Buni”. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, di bombing oleh bapak Antonius Suban Hali dan bapak Adam Bol Nifu Benu. Penelitian ini adalah hubungan kebiasaan membaca dengan kemampuan mengarang siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan atau tidak antara kebiasaan membaca dan kemampuan mengarang siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu ex post fakto, pembagian angket pada penelitian ini adalah siswa SD Negeri Buni. Variable-variabel penelitian yang diperhatikan adalah variabel bebas yaitu kebiasaan membaca sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan mengarang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dikorelasikan ternyata dapat diketahui nilai r hitung adalah 0,864 sedangkan r tabel adalah 0,666 pada taraf signifikasi 5%. Maka Hubungan kebiasaan membaca dengan kemampuan mengarang siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri Buni ada hubungan yang korelasi atau positif.
Kata Kunci: Kebiasaan Membaca Dengan Kemampuan mengarang
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ince Julisna Sae - Personal Name
|
Student ID |
1901140059
|
Dosen Pembimbing |
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 1 Dr. Labu Djuli, M.Hum - 196207031990031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Sae H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |