PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI DI KELAS VB UPTD SDI MAPOLI KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI DI KELAS VB UPTD SDI MAPOLI KOTA KUPANG

XML

Berdasarkan masalah yang ada pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VB UPTD SDI Mapoli Kota Kupang. Hal ini disebabkan
karena metode pembelajaran yang selama ini hanya metode konvensional (ekspositori) dimana guru lebih berperan aktif dari pada siswa sehingga hasil belajar siswa pada mata
pelajaran PKn tergolong rendah, dan masih kurang keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Apabila guru kurang tepat memilih model pembelajaran, maka siswa menjadi kurang mengerti akan pembelajaran yang diberikan sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn melalui model Discovery Learning pada materi kebebasan berorganisasi di kelas VB UPTD SDI Mapoli Kota Kupang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari aspek perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakuka menggunakan test (pretest dan postest), lembar observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik terhadap pemahaman materi ketika dalam proses pembelajaran sedangkan teknik analisis data kualitatif digunakan untuk melihat aktivitas peserta didik dengan lembar observasi dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada prasiklus sebesar 9,52%, siklus I sebesar 52,38%, sedangkan nilai rata-rata peserta didik pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85,23%. Berdasarkan peningkatan hasil belajar tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VB UPTD SDI Mapoli Kota Kupang.

Kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Materi Kebebasan Berorganisasi, Model Discovery Learning


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Emilinda Baku Obe - Personal Name
Student ID
1901140254
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Obe P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA