Skripsi
DAMPAK PENGGUNAAN TELEPON GENGGAM TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMPK DON BOSKO ATAMBUA KELURAHAN TULAMALAE KECAMATAN ATAMBUA BARAT KABUPATEN BELU
XMLMasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi awal siswa kelas VIII SMPK Don Bosko Atambua sebelum menggunakan telpeon genggam dan bagaimana dampak telpeon genggam terhadap interaksi sosial siswa kelas VIII SMPK Don Bosko Atambua.
Tujuan dalam penelitian ini disesuaikan dengan masalah penelitian yaitu konsisi awal siswa kelas VIII SMPK Don Bosko Atambua sebelum menggunakan telepon genggam dan dampak penggunaan telepon genggam terhadap interaksi sosial siswa kelas VIII SMPK Don Bosko Atambua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ternik wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi siswa sebelum menggunakan telpeon genggam cenderung mengarah ke arah yang lebih baik, anak lebih sopan dalam berbicara dan berkomunikasi dengan teman, guru, maupun orang tua, tetapi sebelum menggunakan telepon genggam anak juga lebih sulit berbaur dan berinteraksi dengan orang baru atau orang yang belum dikenalnya dan dampak penggunaan telepon genggam meliputi dampak positif yaitu (1) siswa bisa mempelajari hal baru secara lebih mudah dikarenakan adanya komunikasi melalu telepon genggam, (2) membuat siswa lebih berani dalam berinteraksi dengan orang lain, (3) siswa menjadi lebih antusias dalam pembelajaran, (4) siswa lebih mudah mendapatkan teman baru melalui telepon genggam, (5) siswa lebih lancar dalam berkomunikasi dengan orang lain, (6) kerjasama antar siswa bisa terjalin dengan baik, (7) muncul keinginan dari dalam diri seorang siswa untuk berbaur dikarenkanan media saat ini memudahkan usaha mereka, dan dampak negatif yaitu (1) siswa menjadi lebih pembangkang dengan guru maupun orang tua, (2) siswa terlalu terfokus dengan telepon genggam sehingga menjadi pemalas, (3) siswa cenderung lebih sibuk dengan telepon genggam yang mengakibatkan cara berbicaranya menjadi lebih kasar dan tidak sopan, (4) menimbulkan perselisihan yang bermula dari telpeon genggam dan berujung pada perkelahian, (5) belum adanya keseimbangan dalam berinteraksi dikarenakan perubahan perilaku siswa yang lebih mengarah ke hal negatif.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
YOHANES MARIO VIANEY WASO BORO - Personal Name
|
Student ID |
1601070025
|
Dosen Pembimbing |
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
SOLEMAN BULLY - 195012131976031001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Ketua Penguji
Soleman Bully - 195012131976031001 - Penguji 1 Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 BOR Y
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |