PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GANGGUAN PERNAPASAN PADA MANUSIA DI KELAS V SD INPRES OEHU KAB ROTE NDAO

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GANGGUAN PERNAPASAN PADA MANUSIA DI KELAS V SD INPRES OEHU KAB ROTE NDAO

XML

Tujuan dalam penelitian ini adalah Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam pembelajaran IPA Materi Gangguan Pernapasan Pada Manusia Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas V SD Inpres Oehu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Oehu Kab Rote Ndao, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Oehu tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 20 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data hasil penelitian siklus I dengan rata-rata yang diperoleh (67.25) dengan kategori kurang sedangkan persentase yang diperoleh (70%) dari 14 siswa yang mencapai KKM, dan (30%) dari 6 siswa yang belum mencapai KKM. Kemudian pada siklus II dengan rata-rata nilai yang diperoleh (79.75) dengan kategori baik,
dan persentase yang diperoleh (85%), yaitu 17 siswa yang mencapai KKM dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II yaitu (12,00) dan peningkatan persentase (15%). Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Jigsaw pada pembelajaran IPA materi gangguan pernapasan pada manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Oehu.

Kata Kunci: Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Kesya Ecaristy Nggaluama - Personal Name
Student ID
1901140348
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ngg P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA