PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD PERUMNAS 1

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD PERUMNAS 1

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam Model Pembelajaran Contextual Teachingand Learning (CTL) dalam Materi Keberagaman Budaya Terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas V SD Perumnas 1.Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Pre-Experimental Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Perumnas1 Kupang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 26 orang terdiri atas19 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Teknik tes, observasi, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa bahwa model pembelajaran Contextual Teachingand Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi keberagaman budaya Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji-t memiliki nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 0,05.Hasil tersebut dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dengan demikian ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang sebelum diajarkan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (pretest) dan sesudah diajarkan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (posttest). Hal ini diperkuat dengan perbedaan nilai ketuntasan pada siswa sebelum diberikan perlakuan(pretest)dan setelah
diberikan perlakuan (posttest). Tidak ada siswa yang tuntas pada pretest sedangkan pada posttest sebanyak 15 orang siswa memiliki nilai di atas KKM atau tuntas. Sesuai dengan kriteria penerimaan/penolakan maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam materi keberagaman budaya terhadap hasil belajar pada siswa kelas V SD Inpres Perumnas 1. Maka berdasarkan kriteria keputusan tolak H0 yaitu tolak H0 dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi keragaman budaya terhadap hasil belajar pada siswa kelas V SD Inpres Perumnas 1.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Elisabeth Iku Manuni - Personal Name
Student ID
1901140063
Dosen Pembimbing
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Man P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA