Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD PERUMNAS 1
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam Model Pembelajaran Contextual Teachingand Learning (CTL) dalam Materi Keberagaman Budaya Terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas V SD Perumnas 1.Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Pre-Experimental Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Perumnas1 Kupang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 26 orang terdiri atas19 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Teknik tes, observasi, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa bahwa model pembelajaran Contextual Teachingand Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi keberagaman budaya Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji-t memiliki nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 0,05.Hasil tersebut dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dengan demikian ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang sebelum diajarkan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (pretest) dan sesudah diajarkan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (posttest). Hal ini diperkuat dengan perbedaan nilai ketuntasan pada siswa sebelum diberikan perlakuan(pretest)dan setelah
diberikan perlakuan (posttest). Tidak ada siswa yang tuntas pada pretest sedangkan pada posttest sebanyak 15 orang siswa memiliki nilai di atas KKM atau tuntas. Sesuai dengan kriteria penerimaan/penolakan maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam materi keberagaman budaya terhadap hasil belajar pada siswa kelas V SD Inpres Perumnas 1. Maka berdasarkan kriteria keputusan tolak H0 yaitu tolak H0 dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi keragaman budaya terhadap hasil belajar pada siswa kelas V SD Inpres Perumnas 1.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Elisabeth Iku Manuni - Personal Name
|
Student ID |
1901140063
|
Dosen Pembimbing |
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1 Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Man P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |