PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA SEKOLAH PENGGERAK DI KABUPATEN SIKKA

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA SEKOLAH PENGGERAK DI KABUPATEN SIKKA

XML

Pembelajaran berdeferensiasi merupakan usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Sekolah Penggerak Di Kabupaten Sikka terlebih khusus lembaga PAUD. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yakni delapan guru yakni masing-masing dua guru dari setiap sekolah penggerak. Dokumentasi yang di lakukan terhadap bagaimana guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Sekolah Penggerak Di Kabupaten Sikka terdiri dari diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi produk. Dalam diferensiasi konten dimana bentuk implementasi merdeka belajar yang dalam metode pembelajarannya memberikan materi kepada siswa berdasarkan keterampilan profil belajar dan pengetahuannya seperti guru menyediakan modul ajar dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian, kegiatan serta metode apa yang akan di gunakan saat penerapan pembelajaran berdiferensasi. Diferensiasi proses dimana berkaitan dengan perbedaan proses pembelajaran dengan menyediakan kegiatan berjenjang,
adanya pertanyaan pemandu atau tantangan, membuat agenda individual murid serta bagaimana peserta didik akan memaknai materi yang di pelajari baik secara mandiri atau kelompok karena pada diferensiasi proses dimana guru melaksanakan atau mempraktekkan terhadap rancangan yang telah di buat pada modul ajar dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian tersebut. Diferensiasi produk terkait bagaimana peserta didik menunjukan apa yang telah dipelajari, atau dengan kata lain bagaimana cara peserta didik mengaktualisasi pemahaman yang di perolehnya kedalam berbagai karya sesuai dengan bakat dan minatnya serta peserta didik menunjukan hasil karyanya pada guru untuk di nilai kemampuan anak tersebut berdasarkan hasil kerjanya.
Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi;Anak Usia Dini.; Kurikulum Merdeka; Sekolah Penggerak.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Yertina Doa - Personal Name
Student ID
1901180014
Dosen Pembimbing
Engelbertus Nggalu Bali - 199905052019032019 - Dosen Pembimbing 1
SARTIKA KALE - 199209132019032012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Engelbertus Nggalu Bali - 199905052019032019 - Ketua Penguji
SARTIKA KALE - 199209132019032012 - Penguji 1
Credo G. Betty - 199012252018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86207
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.07 Doa P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA