Praktik Pemberian Makan Dan Budaya Pantangan Makanan Pada Balita Stunting Di Desa Tunoe Kecamatan Miomaffo Timur Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU)

Detail Cantuman

Skripsi

Praktik Pemberian Makan Dan Budaya Pantangan Makanan Pada Balita Stunting Di Desa Tunoe Kecamatan Miomaffo Timur Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU)

XML

Stunting masih menjadi masalah utama dalam masalah kesehatan masyarakat di Kabupaten TTU provinsi NTT. Praktik pemberian makan khususnya pemberian MP-ASI berkelanjutan yang kurang tepat dan adanya budaya pantangan makanan menjadi beberapa faktor yang mempengaruhi kejadian stunting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik pemberian MP-ASI berkelanjutan dan budaya pantangan makanan pada balita stunting di Desa Tunoe Kecamatan Miomaffo Timur Kabupaten TTU. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap 1 informan kunci (Aparat Desa ), 4 informan utama dan 2 informan pendukung. Hasil penelitian menemukan bahwa pada praktik pemberian MP-ASI berkelanjutan, semua informan memberikan ASI eksklusif sehingga pengenalan MP-ASI dilakukan saat usia enam bulan, namun tidak semua informan memberikan ASI sampai anak berusia dua tahun karena alasan pekerjaan. Jenis makanan anak umumnya terdiri dari kelompok karbohidrat dan sayuran sementara kelompok lauk jarang diberikan. Porsi dan frekuensi makan anak usia 12-24 bulan tidak terukur dan teratur serta tidak terjadwal secara konsisten. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat budaya pantangan makanan pada kelompok Suku Kefi yakni pantangan pada jenis makanan berwarna merah (beras merah, bayam merah dan bawang merah) dan ikan. Penelitian ini merekomendasikan pada tenaga kesehatan agar memberikan edukasi yang berkaitan dengan variasi makanan, frekuensi, porsi makan dan solusi pada budaya pantangan makanan. Dukungan sosial dari keluarga dan tokoh masyarakat juga sangat diperlukan.
Kata Kunci : Stunting, Praktik Pemberian Makan, Budaya Pantangan, MP-ASI


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ROSADELIMA KOLO - Personal Name
Student ID
1807010048
Dosen Pembimbing
Afrona E. L. Takaeb - 198302152006042001 - Dosen Pembimbing 1
ERYC Z. HABA BUNGA - 8905920021 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Afrona E L Takaeb - - Ketua Penguji
ERYC Z. HABA BUNGA - 8905920021 - Penguji 1
Petrus Romeo - 196905171994031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
132.01 KOL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA