Hiperealitas Barang Pada Marketplace Menurut Perspektif Jean Baudrillard Studi Tentang Kepuasan Mahasiswa Sosiologi Fisip Undana Sebagai Konsumen

Detail Cantuman

Skripsi

Hiperealitas Barang Pada Marketplace Menurut Perspektif Jean Baudrillard Studi Tentang Kepuasan Mahasiswa Sosiologi Fisip Undana Sebagai Konsumen

XML

Marketplace ini seringkali menampilkan hiperealitas melalui foto yang ditampilkan maupun deskripsi produk yang diriview penjual, dimana antara citraan, imajinasi, dan realitas bercampur menjadi satu melalui barang yang ditampilkan pada iklan yang diposting maupun deskripsi yang direview penjual yang tidak sesuai dengan barang aslinya. Namun pada kenyataannya ekspetasi konsumen mengenai produk tersebut tidak sesuai dengan realita yang ada. Hiperealitas yang hadir di marketplace dibuat dengan proses simulacra. Simulacra dan hiperealitas melalui sebuah foto yang ditampilkan marketplace mengarahkan yang melihatnya dalam hal ini calon konsumen untuk membelinya. Agar calon konsumen tertarik inilah kenapa sebuah foto dibuat menarik baik dari gambar atau tulisan dan keterangan pendukungnya. Dengan foto yang menarik calon pembeli diarahkan pada sebuah ruang semu dimana realitas yang berlebihan yang dihasikan. Namun, tidak semua konsumen merasa kecewa setelah berbelanja di marketplace. Ada juga konsumen yang merasa puas setelah berbelanja di marketplace. Marketplace memang seringkali menampilkan hiperealitas pada gambar produk yang diiklankan, namun kita sebagai konsumen tidak boleh gampang tertipu dan mudah percaya. Kita harus lebih pintar dalam memilih dan menilai barang. Munculnya hiperealitas pada gambar barang yang ditampilkan di marketplace ini memiliki dampak terhadap perilaku mahasiswa sebagai konsumen dimana berpengaruh terhadap tindakan konsumerisme. Hiperealitas yang ditampilkan mempengaruhi hasrat konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi produk yang ditawarkan di marketplace. Hasrat membeli ini muncul dikarenakan foto bagus dan menarik yang diciptakan marketplace. Para konsumen biasa membeli untuk memenuhi rasa penasaran, kesenangan, ketertarikan dan ingin memiliki akan objek produk yang dijual. Rasa ketertarikan terlihat saat pelanggan beranggapan bahwa foto marketplace bagus, menarik dan lucu sehingga menimbulkan rasa ingin memiliki.
Kata kunci : hiperealitas, marketplace, simulakra, kupuasan, konsumerisme


Detail Information

Item Type
Penulis
Natalia Theresa Hamun - Personal Name
Student ID
1703030135
Dosen Pembimbing
YERMIA DJEFRI MANAFE - 197003032005011001 - Dosen Pembimbing 1
Lasarus Jehamat, S.Sos, MA- Nip. 197805242006041006 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yermia Djefri Manafe - 197003032005011001 - Ketua Penguji
Lasarus Jehamat - 197805242006041006 - Penguji 1
Herman Yosep Utang - 196602212006041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Ham H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA