Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Terhadap Kepemilikan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga Dan Akta Kelahiran Bagi Warga Masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara

Detail Cantuman

Skripsi

Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Terhadap Kepemilikan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga Dan Akta Kelahiran Bagi Warga Masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara

XML

Dokumen kependudukan adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh instansi pelaksana yang mempunyai kekuatan hukum sebagai alat bukti autentik yang dihasilkan dari pelayanan publik oleh DISDUKCAPIL. Data dokumen kependudukan Kabupaten TTU pada laporan penduduk semester II tahun 2022 menunjukkan bahwa jumlah penduduk di Kabupaten TTU adalah 268.716 jiwa yang tersebar di 24 Kecamatan dan 195 Desa dan Kelurahan. Sementara itu, jumlah Kepala Keluarga di Kabupaten TTU adalah 71.846, dan jumlah penduduk wajib KTP mencapai 190.199 jiwa. Berkaitan dengan dokumen kependudukan, laporan tersebut menyebutkan bahwa total Kartu Keluarga ber-QRCODE yang belum dicetak mencapai 23,17 % (16.650 Kartu Keluarga). Sementara itu, masih 42,21 % (113.429 jiwa) penduduk yang belum memiliki Akta Kelahiran. Laporan yang sama mencatat bahwa untuk penduduk wajib KTP di Kabupaten TTU, 8,48 % (16.124 jiwa) belum melakukan perekaman E-KTP. Ini menunjukkan bahwa dalam hal kepemilikan dokumen kependudukan , masih cukup banyak warga yang enggan mengurus dokumen kependudukan. Adapun rumusan masalah, yakni : (1) Bagaimana pelayanan pengurusan dokumen kependudukan di Kabupaten TTU? (2) Faktor apa yang mempengaruhi pelayanan dokumen kependudukan sehingga warga di Kabupaten TTU enggan mengurus dokumen kependudukan? (3)Bagaimana upaya DISDUKCAPIL Kabupaten TTU dalam meningkatkan pelayanan bagi warga untuk memiliki dokumen kependudukan?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum yuridis empiris, yaitu penelitian secara lapangan yang mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta kenyataan yang terjadi dimasyarakat. Aspek-aspek yang akan diteliti dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelayanan DISDUKCAPIL Kabupaten TTU sudah cukup baik, sehingga ditemukan adanya peningkatan pada warga yang mau mengurus dokumen kependudukan, dengan melihat indikator lima dimensi pelayanan publik, yaitu Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati). (2) Faktor yang menghambat, yaitu: kesadaran masyarakat, jarak, listrik padam mengakibatkan jaringan terganggu, kerusakan pada alat/mesin. Upaya DISDUKCAPIL Kabupaten TTU; melakukan sosialisasi terkait dengan pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan, melakukan kegiatan jemput bola online, memberikan pelayanan khusus kepada kaum disabilitas, melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait pelayanan umum untuk bisa mendapatkan pelayanan dari DISDUKCAPIL.
Kata Kunci : Pelayanan, KartuTanda Penduduk, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA SILVANA EFI - Personal Name
Student ID
1902010051
Dosen Pembimbing
YOHANES G TUBA HELAN - 196001101986011002 - Dosen Pembimbing 1
NORANI ASWANI - 197308082006042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yohanes G Tuba Helan - 196001101986011002 - Ketua Penguji
NORANI ASWANI - 197308082006042001 - Penguji 1
Yorhan Yohanis Nome - 195902241986031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 EFI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA