Tinjauan Kriminologi Terhadap Penganiayaan Dan Perkosaan Ibu Kandung Oleh Anak Kandung Di Kabupaten Manggarai Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Tinjauan Kriminologi Terhadap Penganiayaan Dan Perkosaan Ibu Kandung Oleh Anak Kandung Di Kabupaten Manggarai Timur

XML

Kejahatan dalam kontes sosial, merupakan fenomena sosial yang terjadi pada setiap tempat dan waktu. Kejahatan merupakan problem manusia, yang mana terjadi pada seorang yang yang tidak menggunakan akal serta ditambah dengan dorongan hawa nafsu dalam bertindak, sehingga kejahatan yang melampaui batas seperti kejahatan penganiayaan dan pemerkosaan terhadap Ibu Kandung yang terjadi di Kabupaten Manggarai Timur. Banyak kasus penganiayaan dan perkosaan yang sering terjadi dalam masyarakat, surat kabar, maupun berita di media sosial,di mana yang menjadi korban adalah perempuan dan pelaku biasanya adalah orang yang dikenal dekat atau bertempat tinggal dekat dengan korban. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah faktor yang menjadi penyebab terjadinya penganiayaan dan pemerkosaan ibu kandung oleh anak kandung di Kabupaten Manggarai Timur? (2) Bagaimanakah upaya penanggulangan oleh penegak hukum (pihak kepolisian) terhadap penganiayaan dan pemerkosaan ibu kandung oleh anak kandung di Kabupaten Manggarai Timur?
Penelitian ini merupakan penelitian empiris, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan dan dilaksanakan di Kepolisian Republik Indonesia Resort Kabupaten Manggarai Timur. Tenik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumen/literatur. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil pengolahan data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Faktor penyebab terjadinya kejahatan penganiayaan dan permerkosaan oleh anak kandung terhadap ibu kandung adalah faktor seksualitas, kejiwaan, moral pelaku, faktor ekonomi, pendidikan yang rendah dan faktor lingkungan. (2) Upaya yang dilakukan oleh Pihak Kepolisian Resort Kabupaten Manggarai Timur dalam menanggulangi kejahatan penganiayaan dan pemerkosaan terhadap ibu kandung yaitu upaya preventif dan upaya represif.

Kata Kunci: Kriminologi, Faktor Penyebab, Penganiayaan, Pemerkosaan Ibu Kandung, Upaya Penanggulangan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA FEBRIANTI DIA - Personal Name
Student ID
2002010204
Dosen Pembimbing
DAUD DIMA TALO - 195912261986011001 - Dosen Pembimbing 1
RUDEPEL PETRUS LEO - 196406121990031003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Daud Dima Talo - 195912261986011001 - Ketua Penguji
Rudepel Petrus Leo - 196406121990031003 - Penguji 1
Rosalind Angel Fanggi - 198112122005012002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Fakultas Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 DIA T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA