Skripsi
Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Exe-Learning Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi Bagi Siswa SMA/MA
XMLTelah dilakukan penelitian tentang pengembangan e-modul berbasis exe-learning pada materi reaksi reduksi oksidasi bagi siswa SMA/MA. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui wujud pengembangan e-modul berbasis berbasis exe-learning pada materi reaksi reduksi oksidasi bagi siswa SMA/MA. 2) Mengetahui tingkat kelayakan pengembangan e-modul berbasis exe-learning 3) Mengetahui respon siswa terhadap e-modul berbasis exe-learning. Media pembelajaran yang dikembangkan sudah divalidasi oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media, kemudian diuji coba kepada perorangan sebanyak 3 mahasiswa, kelompok kecil sebanyak 9 mahasiswa, dan kelompok besar 30 mahasiswa. Pengambilan sampel uji coba dari Mahasiswa Pendidikan Kimia, data diperoleh berupa data kualitatif yang kemudian dianalisis dan diubah dalam bentuk data kuantitatif menggunakan skala likert. Hasil penelitian pengembangan ini berupa e-modul berbasis exe-learning pada materi pokok redoks yang didalamnya terdapat latihan soal, video pembelajaran, gambar, animasi dan soal evaluasi yang dikemas secara menarik. Tingkat kelayakan dari hasil pengembangan e-modul berbasis exe-learning berdasarkan hasil penilaian validator 3 ahli materi dan 3 ahli media secara berturut-turut yaitu 87,34% dan 91,16%. Respon Mahasiswa terhadap e-modul berbasis exe-learning yaitu pada uji coba perorangan diperoleh 95,24% kelompok kecil diperoleh 93,96% dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase 93,18%. Berdasarkan penilain tersebut maka e-modul berbasis exe-learning dikategorikan sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis exe-learning pada materi pokok redoks untuk siswa SMA/MA layak digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar dalam mempelajari materi pokok redoks.
Kata kunci : Pengembangan, E-Modul, Exe-learning, Redoks
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
APOLINARIS NAIKTEAS - Personal Name
|
Student ID |
2001060030
|
Dosen Pembimbing |
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 1
HERU CHRISTIANTO - 199212132019031011 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Ketua Penguji
Heru Christianto, S.Pd., M.Pd. - 19921213 201903 1 011 - Penguji 1 Arvinda C. Lalang - 199207232019032023 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Kimia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 NAI P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |