Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Exe-Learning Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi Bagi Siswa SMA/MA

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Exe-Learning Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi Bagi Siswa SMA/MA

XML

Telah dilakukan penelitian tentang pengembangan e-modul berbasis exe-learning pada materi reaksi reduksi oksidasi bagi siswa SMA/MA. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui wujud pengembangan e-modul berbasis berbasis exe-learning pada materi reaksi reduksi oksidasi bagi siswa SMA/MA. 2) Mengetahui tingkat kelayakan pengembangan e-modul berbasis exe-learning 3) Mengetahui respon siswa terhadap e-modul berbasis exe-learning. Media pembelajaran yang dikembangkan sudah divalidasi oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media, kemudian diuji coba kepada perorangan sebanyak 3 mahasiswa, kelompok kecil sebanyak 9 mahasiswa, dan kelompok besar 30 mahasiswa. Pengambilan sampel uji coba dari Mahasiswa Pendidikan Kimia, data diperoleh berupa data kualitatif yang kemudian dianalisis dan diubah dalam bentuk data kuantitatif menggunakan skala likert. Hasil penelitian pengembangan ini berupa e-modul berbasis exe-learning pada materi pokok redoks yang didalamnya terdapat latihan soal, video pembelajaran, gambar, animasi dan soal evaluasi yang dikemas secara menarik. Tingkat kelayakan dari hasil pengembangan e-modul berbasis exe-learning berdasarkan hasil penilaian validator 3 ahli materi dan 3 ahli media secara berturut-turut yaitu 87,34% dan 91,16%. Respon Mahasiswa terhadap e-modul berbasis exe-learning yaitu pada uji coba perorangan diperoleh 95,24% kelompok kecil diperoleh 93,96% dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase 93,18%. Berdasarkan penilain tersebut maka e-modul berbasis exe-learning dikategorikan sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis exe-learning pada materi pokok redoks untuk siswa SMA/MA layak digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar dalam mempelajari materi pokok redoks.
Kata kunci : Pengembangan, E-Modul, Exe-learning, Redoks


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
APOLINARIS NAIKTEAS - Personal Name
Student ID
2001060030
Dosen Pembimbing
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 1
HERU CHRISTIANTO - 199212132019031011 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Ketua Penguji
Heru Christianto, S.Pd., M.Pd. - 19921213 201903 1 011 - Penguji 1
Arvinda C. Lalang - 199207232019032023 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 NAI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA