Pengembangan Buku Saku Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Dan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMA Negeri 2 Kupang Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Buku Saku Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Dan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMA Negeri 2 Kupang Timur

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar berbentuk Buku saku digital dalam meningkatkan minat baca dan berpikir kritis materi sistem pencernaan pada manusia kelas XI di SMA Negeri 2 Kupang Timur yang telah dikembangkan.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4 – D Menurut Thiagraja yang meliputi tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Kevalidan media ajar Buku saku digital diukur dari hasil validasi oleh, Ahli Media, dan Ahli Materi. Instrumen data dalam penelitian ini mencakup angket respon guru biologi, angket respon siswa terhadap media Buku saku digital dan angket minat siswa pada media Buku saku digtal. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian siswa SMA Negeri 2 Kupang Timur kelas XI IPA dengan jumlah 8 orang siswa skala kecil dan 23 orang siswa dalam skala besar. Hasil penelitian dapat diperoleh bahwa media ajar berbentuk Buku saku digital mampu meningkatkan minat baca pada peserta didik menjadi 80,07% dan termasuk dalam kategori sangat kuat. hasil validasi diatas diperoleh persentase rata – rata dari hasil validasi ahli kelayakan media Buku saku digital 3,53 dikategorikan valid dengan persentase 88,33% dikategorikan layak, validasi ahli kelayakan materi media Buku saku digital 3,75 dengan kategori sangat valid dengan persentase 93,75% dikategorikan sangat kuat dan layak digunakan. angket respon guru biologi 3,67 dengan kategori sangat baik dengan persentase 91,67% dengan kriteria sangat layak, angket respon siswa skala besar 3,06 dengan kategori layak dengan persentase 76, 56% dengan kritria layak dan angket minat baca siswa skala besar 3,20 dengan kategori layak dengan persentase 80,07 % dengan kriteria kuat.
Berdasarkan penilaian ujicoba kelompok besar menunjukan bahwa media Buku saku digital ini dapat berpengaruh baik dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan presentase dari 47,29% menjadi 82,54% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Buku saku digital materi sistem pencernaan pada manusia kelas XI SMA Negeri 2 Kupang Timur layak digunakan.

Kata kunci: Buku saku digital, Media ajar, Minat baca


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
THERESIA E. BEKA - Personal Name
Student ID
1801040017
Dosen Pembimbing
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 1
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Ketua Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 1
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 BEK P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA