Skripsi
Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Inkuiri Terbimbing Berbasis Gaya Belajar Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA Di SMA Negeri 5 Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) inkuiri terbimbing berbasis gaya belajar pada materi ikatan kimia terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu tipe nonequivalent control grup desain. Sampel dipilih menggunakan simple random sampling, dan dipilih dua kelas sampel yaitu kelas XI IPA 3 (kelas kontrol) dan kelas XI IPA 4 (kelas eksperimen). Pengambilan sampel ini dilakukan dengan melihat data nilai ulangan kimia terakhir dari empat kelas sebagai populasi. Metode pengumpulan data yaitu melalui angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan program SPSS 27.0. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan rata-rata motivasi dan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 60,42 dan kelas kontrol yaitu 59,71 sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 87,61 dan kelas kontrol yaitu 81,37. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) inkuiri terbimbing berbasis gaya belajar pada materi ikatan kimia berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 5 Kupang.
Kata kunci : LKPD, Inkuiri Terbimbing, Gaya Belajar, Ikatan Kimia, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ANTONIA PADUA SERAN TORI - Personal Name
|
Student ID |
2001060029
|
Dosen Pembimbing |
SUDIRMAN - 197008172006041022 - Dosen Pembimbing 1
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Arvinda C. Lalang - 199207232019032023 - Ketua Penguji
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Penguji 1 Sudirman - 197008172006041022 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 TOR P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |