Skripsi
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TARUS
XMLKualitas pelayanan kesehatan adalah derajat pelayanan yang diselenggarakan sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku dalam mencapai kepuasan pasien. Data kunjungan pasien rawat jalan di puskesmas Tarus selama tiga tahun terakhir mengalami penurunan sebesar 31.429 pasien pada tahun 2019, tahun 2020 sebesar 19.858 pasien, dan pada tahun 2021 sebesar 10.781 pasien. Data penyakit selama 3 tahun terakhir mengalami fluktuatif, tahun 2019 sebanyak 16.908 kasus, tahun 2020 meningkat sebanyak 18.787 kasus, dan pada tahun 2021 menurun sebanyak 12.308 kasus. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas Tarus Kabupaten Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah sebanyak 2.546 pasien. Sampel diambil dengan teknik accidental sampling dengan sampel 93 responden. Variabel independen adalah kualitas pelayanan puskesmas dengan variabel dependen kepuasan pasien rawat jalan. Cara pengumpulan data kuesioner dengan metode wawancara. Pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring dan tabulating. Analisis data hubungan antar variabel menggunakan chi square dengan tingkat kepercayaan sebesar 95% dengan nilai α: (0,005). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien ada hubungan dengan nilai tangible (p=0,002), realibility (p=0,000), responsiveness (p=0,000), assurance (p=0,003), empathy (p=0,000). Disarankan kepada puskesmas untuk menambahkan kursi di ruang tunggu, meningkatkan pelayanan harus lebih tepat waktu, memberikan informasi lengkap terkait perubahan pasien kepada dokter, melakukan pelayanan kepada pasien yang datang berkunjung.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yurnike Kalerci Anakay - Personal Name
|
Student ID |
1807010088
|
Dosen Pembimbing |
Serlie K. A. Littik - 19770923 200212 1 001 - Dosen Pembimbing 1
DOMINIRSEP OVIDIUS DODO - 198609122008121002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Serlie K A Littik - 197709232006042002 - Ketua Penguji
Dominirsep Ovidius Dodo - 198609122008121002 - Penguji 1 Apris A Adu - 197608132001121001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
13101
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Kesehatan Masyarakat
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
132.01 Kay H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |