Perlindungan Hukum Terhadap Pemegang Hak Cipta Atas Penggunaan Logo Perguruan Tinggi Universitas Teknologi Sumbawa Pada Penjualan Merchandise Oleh PT. Olat Maras Teknologi Di Sumbawa Nusa Tenggara Barat

Detail Cantuman

Skripsi

Perlindungan Hukum Terhadap Pemegang Hak Cipta Atas Penggunaan Logo Perguruan Tinggi Universitas Teknologi Sumbawa Pada Penjualan Merchandise Oleh PT. Olat Maras Teknologi Di Sumbawa Nusa Tenggara Barat

XML

Hak cipta adalah hak ekslusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan. Saat ini sangat sulit untuk mencegah terjadinya penggandaan suatu karya dengan tidak menirukan bahkan memodifikasi tanpa menghilangkan unsur pokok yang terkandung nilai didalam karya atau ide tersebut. Adapun rumusan masalah : (1) Bagaimanakah Perlindungan Hukum Terhadap Pemegang Hak Cipta Atas Penggunaan Logo Perguruan Tinggi Universitas.
Teknologi Sumbawa Pada Penjualan Merchandise Oleh PT. Olat Maras Teknologi di Sumbawa Nusa Tenggara Barat. (2) Apakah akibat hukum terhadap pelaku usaha yang menjual Merchandise dengan menggunakan logo perguruan tinggi tanpa izin. Tujuan penelitian adalah
(1) Untuk mengetahui Perlindungan Hukum Terhadap Pemegang Hak Cipta atas Penggunaan Logo Perguruan Tinggi Universitas Teknologi Sumbawa pada Penjualan Merchandise Oleh PT. Olat Maras Teknologi di Sumbawa Nusa Tenggara Barat. (2) Untuk megetahui akibat hukum terhadap pelaku usaha yang menjual Merchandise dengan menggunakan logo perguruan tinggi tanpa izin. Manfaat dari penelitian untuk menambah informasi kepada Masyarakat pada umumnya dan khususnya pelaku usaha merchandise pentingnya memiliki izin penggunaan logo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode hukum empiris, yang di peroleh dari turun lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Perlindungan hukum hak cipta Masyarakat dan mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa sudah baik walaupun belum maksimal, karena pemahaman tentang adanya undang – undang hak cipta tentang logo hanya sebatas di pembicaraan dan tetap memesan merchandise walaupun belum mengetahui tentang legalitas penggunaan logo yang digunakan dalam pembuatan merchandise.(2) Adapun akibat hukum terhadap pelaku usaha yang menjual Merchandise dengan menggunakan logo perguruan tinggi tanpa izin. Diantaranya dibatasi penjualan dan penarikan produk, penghentian kegiatan bisnis, gugatan perdata hingga pencabutan izin usaha.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Perlindungan Hukum Universitas Teknologi Sumbawa dalam penggunaan hak cipta pembuatan Merchandise oleh PT Olat Maras Teknologi Sumbawa di kategorikan baik tetapi belum maksimal, jika perlindungan hukum dapat diminimalisir maka tidak terjadi pelanggaran hak cipta. (2) akibat hukum terhadap pelaku usaha yang menjual Merchandise dengan menggunakan logo perguruan tinggi tanpa izin, yaitu penghentian kegiatan bisnis.
Saran dari penulis adalah Universitas Teknologi Sumbawa harus segera mengambil tindakan lebih lanjut untuk menyelesaikan izin penggunaan logo terhadap Perguruan Tinggi pada merchandise yang di produksi oleh PT Olat Maras Teknologi. Ini bisa mencakup negosiasi lebih lanjut antara pihak Perguruan Tinggi dan PT Olat Maras Teknologi untuk mengatur penggunaan logo Perguruan Tinggi secara legal.

Kata Kunci : Hak Cipta, Penggunaan Logo, Perguruan Tinggi Universitas Teknologi Sumbawa.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NURUL AZIZAH - Personal Name
Student ID
1802010306
Dosen Pembimbing
SUKARDAN ALOYSIUS - 195909061986011001 - Dosen Pembimbing 1
ORPA JULIANA NUBATONIS - 197507112005012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Siti Ramlah Usman - 196003051987032001 - Ketua Penguji
Sukardan Aloysius - 195909061986011001 - Penguji 1
Orpa Juliana Nubatonis - 197507112005012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Fakultas Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 AZI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA