Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) Berbasis Literasi Dengan Strategi Mind Mapping Pada Materi Larutan Penyangga Untuk Kelas XI SMA/MA

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) Berbasis Literasi Dengan Strategi Mind Mapping Pada Materi Larutan Penyangga Untuk Kelas XI SMA/MA

XML

Penelitian dengan judul pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) berbasis literasi dengan strategi mind mapping pada materi larutan penyangga untuk kelas XI SMA/MA bertujuan untuk mengetahui karakteristik e-LKPD berbasis literasi dengan strategi mind mapping pada materi larutan penyangga untuk kelas XI SMA/MA, untuk mengetahui kelayakan e-LKPD yang dikembangkan. Pada penelitian pengembangan metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) model Bord & Gall dalam Sugiyono yang terdiri dari 10 tahap : (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi pemakaian, (10) produksi masal. Produk yang dihasilkan berupan e-LKPD yang berisi materi larutan penyangga serta kegiatan-kegitan peserta didik dengan berbasis literasi yang disertai dengan link penjelasan materi sebagai upaya untuk meningkatkan literasi peserta didik. Produk e-LKPD yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media melalui angket yang telah divalidasi oleh ahli instrumen. Hasil pengembangan ini menunjukan hasil kelayakan oleh ahli materi sebesar 88,46% dengan kategori sangat valid, hasil kelayakan oleh ahli media 82,15% dengan kategori sangat valid. Dengan melihat kevalidan e-LKPD yang dikembangkan maka dilakukan uji coba produk pada kelompok kecil dan kelompok besar. Respon peserta didik pada kelompok kecil dan besar berturut-turut adalah 85,55% dengan sangat baik dan 86% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis literasi dengan strategi mind mapping ini layak digunakan sebagai media pembelajaran secara mandiri oleh peserta didik SMA/MA.

Kata Kunci: Pengembangan, e-LKPD, Literasi, Mind Mapping, Larutan Penyangga


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YASINTA SURA PATI - Personal Name
Student ID
1901060040
Dosen Pembimbing
HERU CHRISTIANTO - 199212132019031011 - Dosen Pembimbing 1
Arvinda C. Lalang - 19920723 201903 2 023 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dorthea M. W. Nay - 199305022022032021 - Ketua Penguji
Arvinda C. Lalang - 199207232019032023 - Penguji 1
Heru Christianto - 19921213 201903 1 011 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 PAT P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA